18 Juni 2024, 1:40 am

Halal Bihalal Bareng Jurnalis Luwu Raya, PT. Vale : Akses Informasi Terbuka Selalu

Liputan : Tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – PT Vale Indonesia Halal Bihalal bersama jurnalis Luwu Raya, acara ini berlangsung disalah satu warkop di Desa Sorowako, kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Selasa 28 Mei 2024.

Halal Bihalal PT Vale ini dihadiri oleh Head of Communications PT Vale, Bayu Aji, dan beberapa departemen PT Vale, serta puluhan jurnalis dari Luwu Timur, Palopo dan Luwu.

Bayu Aji dihadapan para jurnalis mengungkapkan bahwa PT Vale hingga memasuki usia ke 56 di tahun 2024 ini selalu membuka akses informasi seputar perusahaan tambang terhadap wartawan.

Meski demikian, dia juga meminta rekan media agar memaklumi apabila terjadi keterlambatan informasi saat dibutuhkan wartawan, pasalnya, untuk membuka data informasi seputar pertambangan membutuhkan koordinasi lintas departement diinternal perusahaan.

“ Kita selalu terbuka kepada semua rekan wartawan yang membutuhkan informasi dari Vale, tapi perlu dipahami bahwa setiap permintaan konfirmasi rekan-rekan, ada yang tidak langsung kami jawab ada juga yang bisa langsung dijawab, karena kami saat memberikan keterangan mengatasanamakan perusahaan, artinya kami tentu melakukan koordinasi departemen terkait agar informasinya bisa valid,” Ungkap Bayu.

Salah satu keterbukaan informasi PT Vale kata Bayu Aji adalah dengan adanya kegiatan Halal bihalal ini, dimana jurnalis bisa mengetahui secara detail seperti apa perusahaan tambang tersebut menjaga lingkungan dalam beroperasi.

Bahkan untuk lebih detail lagi, PT Vale sejak beberapa tahun terkahir membuka akses langsung kepada jurnalis melalui Jurnalis visit untuk melihat secara langsung kegiatan pertambangan hingga ke tahap produksi, kegiatan itu dilakukan PT Vale secara rutin setiap tahun di Sorowako, kabupaten Luwu Timur.

“ Bisa kita lihat sekarang, dihadapan kita ini adalah danau Matano, air danau ini sebenarnya air limbah tambang tapi karena kita olah dengan baik sebelum dialirkan masuk ke danau ini sehingga sampai di usia 56 tahun ini air danau tetap jernih dan terjaga, jadi rekan-rekan media bisa melihat sendiri secara langsung dan kita juga selalu adakan jurnalis visit setiap tahun yang bisa dilihat langsung bagaimana Vale menambang dan menjaga lingkungan,” ujar Bayu Aji.

Tim media yang hadir dalam kegiatan Halal Bihalal pun mengakui soal keterbukan informasi dan respon PT Vale terhadap wartawan yang membutuhkan konfirmasi, dimana PT Vale sangat aktif melakukan koordinasi terhadap wartawan.

” Ini tentunya menjadi pembeda antara perusahaan tambang lain dengan PT Vale, sejauh ini kita memang sangat sulit mengakses informasi dari perusahaan tambang, terlebih pada informasi soal lingkungan dan keselamatan kerja, tapi PT Vale sejauh ini telah memperlihatkan komitmennya dalam hal keterbukaan informasi saat dibutuhkan wartawan, tidak hanya informasi secara lisan, tapi PT Vale juga bahkan memfasilitasi wartawan untuk melihat secara langsung bagaimana Vale menambang dan menjaga lingkungan,” Kata jurnalis Luwu Raya diacara Halal Bihalal.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan