Antisipasi Terjadi Pelanggaran, Desa Lampenai Gelar Penyuluhan Hukum Pengelolaan Keuangan

149

Luwu Timur, batarapos.com – Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Luwu Timur di Wotu penyuluhan hukum pengelolaan keuangan Desa di Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Kamis (25/11).

Penyuluhan hukum pengelolaan Dana Desa ini atas inisiatif Kepala Desa Lampenai M. Saenal Bachri, S.AN mengundang Kacabjari Wotu Asnaneni Amir, SH., MH.

Tujuan penyuluhan hukum ini untuk memberikan pengetahuan hukum dan  menekan potensi penyalahgunaan dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Sebagai narasumber dalam kegiatan itu, Kacabjari Wotu mengatakan bahwa penyuluhan hukum ini, bertujuan meningkatkan pengetahuan aparatur Desa dalam memahami ketentuan dan prosedur aturan, sehingga menjadikan mereka sebagai aparat pemerintahan Desa yang tertib dalam pelaksanaan maupun penatausahaan serta pertanggungjawaban atas keuangan Desa.

Lewat kegiatan ini kita mengedukasi pemerintahan Desa agar penggunaan anggaran Desa sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan aturan dan kebutuhan Desa, pada akhirnya, kemajuan Desa bisa lebih cepat tercapai,” Kata Kacabjari Wotu dalam penyuluhannya.

Dalam kegiatan yang sama, Kepala Desa Lampenai M. Saenal Bachri menuturkan bahwa penyuluhan hukum ini akan menekan potensi pelanggaran penggunaan dana Desa.

Dirinya menegaskan, penyuluhan hukum bagi aparatur Desa bakal menjadi agenda rutin yang dilaksanakan dalam upaya memaksimalkan penggunaan anggaran dana Desa.

Kami tingkatkan wawasan dan pengetahuan hukum SDM terutama di desa agar kegiatan fiktif penggunaan dana desa untuk keperluan individu (pribadi) dapat ditekan atau diantsipasi,” Tuturnya dalam sambutan penyuluhan hukum di Aula Kantor Desa Lampenai.

Selain Kacabjari dan Kepala Desa Lampenai, hadir juga dalam kegiatan ini Camat Wotu (Iskandar), ketua KONI Luwu Timur (Muh.Nur.SH.MH), Macoa Bawalipu (Bau Aras Abdi To Baji Pua Sindri, Para Kepala Desa se Kecamatan Wotu, aparat Desa Lampenai, Tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda.

Tim batarapos.com/Mus

SebelumnyaPT Vale Hibahkan Puskesmas Bahomatefe ke Pemkab Morowali
SelanjutnyaMahkamah Konstitusi Perintahkan Semua Parpol Lakukan Verifikasi Faktual KPU RI