Banjir di Luwu Campur Lumpur, Mirip Peristiwa Masamba !

243

Oleh : Tim batarapos.com/ Indra Gunawan

Luwu, batarapos.com – Banjir bandang yang menerjang Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu merusak sejumlah fasiltas umum dan rumah warga. Banjir yang disebabkan meluapnya sungai Makawa, bercampir lumpur tebal.

Menurut warga, banjir kali ini cukup parah dan bercampur lumpur tebal, sama peristiwa banjir Masamba, Luwu Utara, Juli 2020 lalu.

Mery warga Desa Bosso Timur mengatakan baru kali ini rumahnya dipenuhi lumpur. Padahal jika terjadi banjir tidak pernah bercampur lumpur.

“Hampir tiap tahun banjir tapi kali ini cukup parah dan bercampur lumpur. Kami jadi ingat banjir di Masamba tahun lalu,” kata Mery sambil membersihkan rumahnya dari lumpur tebal.

Sementara dr Fadly Isra, ketua relawan Public Safety Center 119 Palopo, mengatakan lumpur yang terbawa saat banjir, bisa jadi disebabkan tanah longsor. Sehingga dia meminta warga agar tetap waspada dan siaga banjir susulan. “Mengingat cuaca yang cukup ekstrim, jadi memang harus selalu waspada khususnya daerah rawan banjir.

Sejumlah warga korban banjir memilih mengungsi di rumah warga di pegunungan. Lokasi ini dianggap lebih aman. (Indra Gunawan).

SebelumnyaBuka Sosialisasi KIE Keamanan Pangan, Kadinkes Lutim Ingatkan Pentingnya ” Cek KLIK “
SelanjutnyaPemda dan DPRD Luwu Timur Sepakati Ranperda Perubahan APBD TA 2021