BBP Sul-Sel Adakan Pelatihan Revitalisasi Bahasa Limola

125

 

Luwu utara, batarapos.com – Balai bahasa provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan pelatihan revitalisasi bahasa limola di Dusun Sassa, Desa Sassa Kecamatan Baebunta, pada Kamis (22/4/2021)

Kegiatan ini di hadiri oleh, camat baebunta, sekaligus membuka acara ini secara resmi, pjs kades sassa yang di dampingi dua kepala dusun, pemangku adat sassa, peneliti dari balai bahasa provinsi Sulsel, narasumber lokal, dan peserta kegiatan revitalisasi bahasa limola.

Tujuan dari kegiatan ini adalah, menumbuhkembangkan kembali bahasa limola yang hampir punah, di kalangan masyarakat adat sassa khususnya di dua dusun yaitu dusun makumpa dan sassa sendiri, menurut peniliti bahasa dari Makasar, kata Asmanur salah satu narsum lokal, kepada batarapos.com.

“Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 25 peserta, berbasis sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) peserta ini di bagi menjadi tiga kelas yaitu kelas puisi limola, lagu limola dan drama limola. Jika memungkinkan kita pihak narsum lokal akan menambah satu item kegiatan yaitu, stand up commedi limola,”ujar Asmanur.

Kegiatan ini berlangsung selama lima (5) kali pertemuan, terthitung mulai hari ini, sampai dengan (26/4/2021) bertempat di rumah adat “WANUA ADA’ TOMANURU LIMOLA” Serta kami juga sangat mengharapkan kepada peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampai seleai, dan insya allah setelah kegiatan ini selesai akan diadakan pentas seni (pensi) bahasa limola.

“Selama kegiatan ini berlangsung, tetap mengikuti protkes, covid-19, di buktikan dengan pihak narsum lokal bekerja sama dengan pihak balai bahasa membagikan masker dan handsanitizer untuk seluruh peserta kegiatan,”tutupnya. (Rival)

SebelumnyaGerakan Sehatkan Indonesia, Loyalis Erick Thohir Bagi Sajadah ke Warga Jakarta
SelanjutnyaPelaku Balap Liar di Burau Kecoh Petugas, Videonya Beredar di Medsos