Bupati Husler Minta BPD Maksimalkan Peran Dalam Pembangunan Desa

3

Mangkutana, Batarapos.com – Untuk menyamakan persepsi seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sehingga perannya dapat maksimal membangun desanya, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar rapat kerja  BPD se Kabupaten Luwu Timur di Permandian Uelanti Kecamatan Kasintuwu, yang dibuka Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler, Sabtu (28/9/19).

Kegiatan ini mengusung tema “Menjalin Silaturahmi, Berbagi Informasi, Kreasi dan Inovasi Untuk Menggapai Cita-Cita, Membangun Desa Yang Sejahtera, Maju dan Mandiri”.

Bupati Husler meminta kepada seluruh anggota BPD untuk selalu memperkuat koordinasi dengan Pemerintah desa dan kecamatan agar tercipta sinergitas agar pembangunan di desa tercapai sebagaimana mestinya.

“Saya harap Badan Permusyawaratan Desa terus berperan aktif dalam mengawasi serta menampung aspirasi masyarakat guna percepatan pembangunan desa,” pinta Husler.

Bupati menambahkan, beberapa fungsi strategis BPD diantaranya membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa dengan Kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, melakukan pengawasan kinerja Kepala desa. Bahkan BPD juga memiliki hak untuk mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala desa.

Husler juga menilai Kades dan perangkatnya merupakan ujung tombak Pemerintah daerah yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan melaksanakan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

“Sebagai ujung tombak Pemerintahan, Kepala desa dan BPD harus lebih meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai penyelenggaraan Pemerintah desa serta aktif berkonsultasi dengan Camat atau instansi terkait, terutama mengenai administrasi, keuangan,” tandasnya. (hms/ikp/kominfo)