Dalam Rangka Pilkada Serentak 2020, KPU Luwu Timur Gelar Tes Kesehatan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati

3

Makassar, batarapos.com – Dalam rangka pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, KPU Luwu Timur menggelar tes kesehatan bagi bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar, Rabu (9/9/2020).

Pemeriksaan tersebut, dalam rangka kelanjutan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon yang digelar pada tanggal 4 – 6 September 2020 di Kantor KPU lalu.

Zainal, selaku Ketua KPU Kabupaten Luwu Timur menyebutkan, jika pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sesuai dengan tahapan yang diatur di dalam PKPU.

Sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, menyebutkan jika pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon dilakukan dari tanggal 4 – 11 September 2020,” ungkapnya.

Zainal, melanjutkan jika proses pemeriksaan kesehatan ini dimaksudkan agar KPU Luwu Timur memiliki catatan kesehatan yang jelas mengenai bakal pasangan calon.

Jadi tujuan pemeriksaan kesehatan adalah untuk memperoleh data dan informasi terkait kemampuan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika bagi Bakal Calon Bupati Dan Wakil Bupati Luwu Timur yang akan bertarung pada 9 Desember mendatang” lanjut Zainal.

Terkait jadwal pemeriksaan, Zainal melanjutkan jika KPU Luwu Timur mendapat jadwal pemeriksaan selama 2 (dua) hari, dimulai tanggal 9 – 10 september 2020.

Untuk hari ini, masing-masing Bapaslon melakukan pemeriksaan psikologi rohani, dan malam nanti akan dilanjutkan pemeriksaan narkotika sekaligus sosialisasi pemeriksaan kesehatan, sedang besok pagi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Adapun bakal pasangan calon yang mengikuti pemeriksaan kesehatan yaitu pasangan Ir. H. Muh. Thorig Husler dan Drs. H. Budiman, M.Pd. sedangkan pasangan Irwan Bacri Syam dan A. Muh. Rio Patiwiri masih menunggu konfirmasi lebih lanjut terkait jadwal pemeriksaannya,” Tutup Zainal.

Nantinya, hasil pemeriksaan kesehatan akan diumumkan pada tanggal 11 – 12 September 2020.(**).