23 Juli 2024, 10:53 pm

Group OCI Morowali Siap Aksi Demo, Tiga Karyawan PT CMI Dipecat Sepihak ?

Liputan : Tim batarapos.com

Morowali, batarapos.com – Ketua Group Operator Crane Indonesia (OCI) Morowali, Usman Sangga menegaskan akan menggelar aksi demo bersama karyawan lainnya dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut dikatakan Usman kepada batarapos.com, usai dirinya berupaya memperjuangkan hak tiga karyawan PT Charm Machinery Indonesia (CMI) Morowali yang dipecat secara sepihak.

“ Kami sudah berupaya melakukan koordinasi ke pihak perusahaan namun mereka menutup ruang komunikasi, sementara tiga karyawan yang diberhentikan ini sama sekali tidak ada masalahnya, sehingga kami akan bersurat untuk menggelar aksi demo,” kata Usman, Senin 01 Juli 2024.

Usman menjelaskan bahwa, ketiga karyawan yang dipecat itu awalnya dinyatakan lulus setelah melalui rangkaian tes, mereka sudah melakukan tandatangan kontrak selama enam bulan.

Beberapa hari setelah tandatangan kontrak terjadi insiden di lokasi perusahaan dimana alat crane yang tumbang saat bekerja milik PT CMI oleh karyawan lain.

“ Mereka sudah lulus tes, sudah tandatangan kontrak, kan lucu insiden lain dikaitkan dengan karyawan lainnya, alasan itu tiga karyawan ini dipanggil tes ulang dan tidak ada masalah, lalu mereka disuruh pulang kata perushaan mereka tidak lolos, sangat aneh, sudah kontrak tiba-tiba dibilang tidak lolos,” Kesal ketua OCI Morowali.

Berbagai upaya telah dilakukan pihak OCI Morowali agar hak-hak ketiga karyawan yang dipecat diberikan namun pihak perusahaan berkeras menolak.

“ Kita sudah upayakan koordinasi tapi pihak perusahaan tidak mau memberikan hak tiga karyawan ini, tidak hanya itu mereka buat berita acara yang akan diarahkan ke pihak IMIP namun berita acara itu tidak ada yang menandatangani dan dalam isi surat itu saya merasa disudutkan dan tertuduh sebagai pengacau karena menuntut hak karyawan,” Ungkapnya.

Sementara pihak PT CMI yang juga sebagai Jubir MRP saat dikonfirmasi batarapos.com, berharap agar dilakukan media secara langsung antara ketiga karyawan tersebut dan perusahaan.

“ Menurut saya, CMI masih perlu mediasi dengan ketiga operator tersebut secara langsung untuk penyelesaian hal tersebut, agar tidak ada kesalahpahaman atau misskomunikasi antar kedua belah pihak pak,” Harapnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan