Hadirkan Anggota DPRD, F-PKH Bone Bahas Program Kube

4

Bone, batarapos.com – Forum Pendamping Keluarga Harapan (F-PKH), Kabupaten Bone menjadikan wisata alam pohon pinus Bulu Tanah, Desa Mattampawalie, sebagai tempat rapat koordinasi oleh para pendamping dan forkab, Sabtu (29/8/2020).

Dengan mengusung tema “Penguatan Ekonomi Warga Pasca Pandemi
Covid-19 Melalui Pembentukan Kelompok Usaha Bersama di Desa” kegiatan tersebut berlangsung dengan kidmat.

Melalui dengan kegiatan rakor ini pula ketua F-PKH Kabupaten Bone A. Tansi memaparkan program Kelompok Usaha Bersama (Kube), yang bakal digagas untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebagai peserta Program Keluarga Manfaat (PKH), pasca pandemik Corvid-19.

Dihadapan para pendamping PKH dan A. Tansi menuturkan jika program ini hadir diKabupaten Bone secara masif dan sistematis, yakin dan percaya kelompok usaha-usaha yang ada diDesa (bahkan), diDusun bagi masyarakat diKabupaten Bone pasca pandemik bisa kembali normal.

Jadi kelompok bersama ini kan gabungan dari lima sampai sepuluh orang (KPM), setelah mendapat kucuran anggaran kemudian mereka melakukan usaha sendiri entah itu usaha bentuk peternakan, pertanian, jual beli barang campuran atau kerajinan tangan, nanti setelah itu mereka akan mandiri dirumahnya masing-masing. Minimal setelah mereka keluar dari program keluarga harapan ini mereka bisa usaha mandiri masing-masing tapi dengan catatan akan kita sokong“, cetus Ketua F-PKH ini.

Khusus di Kabupaten Bone tambahnya, sudah banyak KPM yang sudah memiliki usaha, sisa bagaimana kita menjadi mentornya kepada KPM kita, karena warga ini harus dimentori kapan tidak, mereka hanya secara tradisional seperti itu.

Makanya target kita waktu saya laporkan di pak Gubernur (Sulawesi Selatan), bahwa kami akan hadirkan lima ratus kelompok usaha bersama yang ada diKabupaten Bone dan seribu lima ratus dari pada E-warung yang harus hadir”, beber A. Tansi.

Sementara itu H. Saifullah Latif selaku anggota DPRD juga dalam sambutannya sangat mendukung atas program yang bakal diperjuangkan oleh F-PKH kabupaten Bone untuk masyarakat luas terlebih masyarakat prasejahtera.

Selamat berjuang, kita sama-sama berjuang sampaikan aspirasi sama kami. Mau itu berhasil atau tidak saya kira apa yang kita perjuangkan pasti ada yang ditunggu (Dan), apa yang kita lakukan hari ini insya allah akan bernilai ibadah oleh kita semua, kalau saya ada didalamnya dalam perjuanganya itu saya kira saya juga akan mendapatkan manfaat itu”, tutur H. Saifullah Latif (Yusri)