18 April 2024, 3:07 pm

Ini 8 Cara Hidup Hemat untuk Karyawan

Pernahkah Anda merasakan keuangan akhir bulan yang menipis dengan sisa uang di ATM yang juga sangat minim? Mau tahu bagaimana cara hidup hemat karyawan?

Pengalaman seperti ini sangat sering terjadi, khususnya saja dikalangan para karyawan. Mengingat mereka cenderung menggantungkan pendapatannya dari gaji bulanan.

Meski banyak orang yang beranggapan bahwa dengan menjadi karyawan, maka hidupnya akan enak. Bisa jadi anggapan tersebut memang benar. Tetapi faktanya, tidak sedikit karyawan yang justru mengalami kesulitan dalam hal keuangan.

Salah satu penyebabnya adalah karena terjadi pemborosan setiap bulanannya. Jika Anda adalah salah satu yang merasakannya, maka segera lakukan tips menghemat uang gaji ini.

Tips dan Cara Hidup Hemat untuk Karyawan

Sebagai seorang karyawan, tentu saja Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik. Supaya Keuangan tetap stabil, beberapa tips dan cara hidup hemat karyawan ini bisa Anda terapkan.

  1. Terapkan Prinsip

Prinsip “hidup hemat bukan berarti pelit” harus Anda terapkan jika ingin melakukan pola hidup hemat. Ini adalah salah satu tips menghemat uang yang bisa dibilang paling sederhana. Oleh karenanya, mulai sekarang Anda harus belajar hidup lebih hemat.

Arti hemat yang dimaksud adalah mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk kebutuhan primer dan mengurangi pengeluaran tidak penting.

  1. Prioritaskan Kebutuhan

Bukan hal yang baru, bila banyak orang membelanjakan uangnya demi memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Hanya saja, antara kebutuhan dan keinginan seringkali terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Maka dari itu, Anda harus memisahkan antara kebutuhan dan keinginan dengan membuat skala prioritas yang jelas dan terperinci. Tulislah semua kebutuhan dan keinginan Anda setiap bulan, serta fokus memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya saja seperti kebutuhan berikut ini.

  • Biaya uang kontrakan /kos
  • Biaya transportasi
  • Biaya makan sehari-hari
  • Biaya komunikasi (kuota internet, wifi, telepon)
  • Cicilan kendaraan
  • Pengeluaran uang dalam rumah tangga
  • Cicilan rumah, dll.
  1. Rajin Menabung

Seperti Anda tahu, bahwa ada istilah “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” yang tepat untuk menggambarkan manfaat menabung. Menabung sangat bermanfaat bagi masa depan, di mana Anda harus lebih menahan keinginan untuk tidak mengeluarkan uang demi hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

  1. Menyiapkan Uang Kontan Ketika Berbelanja

Bukan sudah hal baru bila masyarakat Indonesia sangat dikenal dengan perilaku konsumtifnya. Adapun salah satu yang menjadi penyebab adalah adanya berbagai kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Termasuk dalam hal penggunaan ATM hingga kartu kredit untuk transaksi. Sebagai karyawan yang ingin berperilaku lebih hemat, penting bagi Anda untuk menghindarkan diri dari perilaku konsumtif ini.

Anda harus membatasi penggunaan kartu kredit ketika berbelanja. Sebaiknya siapkan uang kontan ketika berbelanja agar tidak tergoda untuk melakukan kredit.

  1. Membawa Bekal dari Rumah

Membawa bekal ke kantor atau tempat kerja bukanlah hal yang memalukan. Bagi Anda yang ingin berhemat, lebih baik bawalah makanan dari rumah. Bagaimanapun juga, memasak sendiri jauh lebih hemat dibandingkan Anda harus jajan atau membeli di luar.

Bisa dibyangkan bila Anda harus menggunakan uang 50 ribu hanya untuk makan pagi, siang, hingga makan malam. Tentu saja Anda tidak harus mengeluarkan dana sebanyak ini bila mempersiapkan makanan sendiri di rumah.

  1. Melakukan Potluck Atau Botram

Cara hidup hemat karyawan selanjutnya adalah dengan melakukan potluck atau botram strategi yang dapat Anda lakukan. Cobalah bagikan pemikiran Anda ini dengan teman di kantor dengan tujuan bersama-sama melakukan penghematan.

Seperti halnya untuk biaya makan siang, melakukannya. Kemudian Anda bisa meminta kesediaan teman-teman Anda untuk membawa makanan yang sudah disepakati.

Semisal ada yang membawa nasi, sayur, perkedel, telor, sambal goreng teri, kerupuk, dan lain-lain. Cara ini efektif untuk menghemat biaya makan siang, serta Andapun bisa lebih mengenal satu sama lain.

  1. Stop Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, jajan instan, minum alkohol, minuman bersoda, dan sebagainya harus segera Anda stop. Sadari bahwa kebiasaan kecil ini tidaklah baik untuk kesehatan jangka panjang serta hanya akan menghabiskan uang Anda.

Selain itu, melakukan kebiasaan buruk seperti ini hanya akan membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat. Alhasil Anda akan lebih sering sakit dan memerlukan obat-obatan ataupun biaya perawatan.

Jika demikian, tentu saja Anda harus menyiapkan biaya berobat yang bisa jadi nominalnya tidak sedikit. Daripada harus mengeluarkan biaya untuk berobat, lebih baik Anda menyimpannya dengan menghindari berbagai kebiasaan buruk ini.

  1. Nongkrong Bareng Teman Sekantor

Sebagai seorang karyawan, sudah menjadi hal umum bila jam istirahat ataupun sepulang kerja kebanyakan akan nongkrong sembari melepas penat. Padahal hanya untuk nongkrong saja, Anda setidaknya harus mengeluarkan uang yang lumayan.

Paling tidak Anda harus menyiapkan dana sebesar 50 ribu untuk makan makan, snack atau cemilan, ngopi atau membeli menu lainnya. Memang tidak salah bila Anda sesekali nongkrong bersama teman. Tapi jangan sampai menjadikan ini sebagai kebiasaan yang akan menguras isi dompet di akhir bulan.

Selain itu, pastikan Anda membeli berbagai keperluan sehari-hari dengan menggunakan diskon belanja sebagai cara hidup hemat karyawan. Misalkan saja ketika Anda berbelanja secara online, pilih platform yang tepat agar bisa menghemat biaya.

Salah satu platform belanja yang menawarkan berbagai promo adalah Blibli. Belanja di Blibli jelas aman, proses cepat, serta berbagai produk bisa Anda dapatkan. Di sini Anda bisa bebas berbelanja barang-barang diskon.

Apalagi sekarang ini Blibli memiliki berbagai promo untuk Anda yang ingin berbelanja melalui store dari Farmers Market. Banyak diskon dan cashback menanti Anda! segera saja kunjungi Blibli untuk berbelanja lebih hemat!

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan