5 Maret 2024, 4:39 pm

Jusuf Kalla: Industri Nikel Awalnya Bersih Akhirnya Harus Bersih

Liputan : Tim batarapos.com

Makassar, batarapos.com – Mantan Wapres RI, Jusuf Kalla punya pemahaman yang sama dengan PT Vale terkait menjalankan industri yang bersih dan memperhatikan lingkungan.

Jusuf Kalla menjawab pertanyaan salah seorang penanya, Faizal Amir, Dosen Fakultas Teknik UNM, terkait perlunya mobil-mobil listrik yang murah untuk masyarakat.

JK menjawab, Kalla sedang membangun smelter di Palopo, dan salah satu prinsip yang ditekankan adalah sumber dayanya harus dari pembangkit listrik tenaga air atau PLTA.

” Mobil listrik yang paling mahal komponennya itu baterainya, itu dari nikel, lithium, produsen lithium terbesar dunia itu ada di Indonesia, sehingga kita harus hilirisasi meningkatkan nilai tambah supaya mobil listrik ini bisa murah,” ungkap dia.

Dia juga menekankan, untuk memproduksi komponen penting mobil listrik itu, harus dengan cara yang bersih pula.

” Karena walaupun mobil listrik, tapi kalau diproduksi dengan menggunakan batubara, tidak juga mengubah keadaan, jadi industri yang awalnya bersih, ujungnya juga harus bersih,” ungkap Jusuf Kalla.

Karena itu, industri smelter yang dibangun oleh Kalla Group pun harus menggunakan pembangkit tenaga air, seperti diketahui, Kalla punya pembangkit PLTA di Poso.

Menyambung pernyataan Jusuf Kalla, Febrianny Eddy pun berharap ada kerja sama antara Vale dengan Kalla Group.

” Seperti yang disampaikan Pak JK, industri awalnya bersih, ujungnya harus bersih, kita mengoperasikan tiga pembangkit PLTA dan mengeliminasi 1 juta ton karbon per tahun, Kalau mau diupgrade, tapi tidak bisa, semoga ada kerja sama dengan Pak Lihin (Solihin Kalla),” ungkap Febriany.

Disisi lain Committee Chair of Makassar Leadership Summit 2023, Disa Noviantika, mengatakan, kegiatan ini mengedepankan bagaimana pentingnya kepemimpinan dalam dunia usaha, khususnya para pengusaha asal Sulsel.

” Kenapa harus kepemimpinan, karena di era hari ini harus diperkuat leadership dan kita dapat ilmu bagaimana kolaborasi, koordinasi kemudian pentahelix hadir di sini, pemerintah, dunia usaha, kampus, media dan alhamdulillah itu semua ada di sini,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan