25 Mei 2024, 9:16 am

Pansus DPRD Sigi Studi Komparatif di DPRD Morut

Liputan : Rudini

Morowali Utara, batarapos.com – Pansus LKPJ DPRD Sigi melakukan studi komparatif di DPRD Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Rombongan Pansus LKPJ DPRD Sigi tiba di kabupaten Morowali Utara disambut langsung ketua DPRD Morowali Utara, Warda Dg Mamala, Senin (13/5/2024).

Kepada wartawan, Ketua Pansus LKPJ DPRD Sigi, Dahyar S. Repadjori mengungkapkan studi yang dilaksanakan ini guna mencocokkan hal-hal apa saja telah ditindaklanjuti oleh DPRD Morowali Utara.

” Kita cocokkan mana yang perlu kami adopsi dan mana yang kami akan laksanakan, ya pada intinya sharing pendapat yang mana yang kami tindakinjuti,” ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa, Pansus D0RD Sigi memilih Morut sebagai tujuan studi komparatif lantaran ada kesamaan dengan Kabupaten Sigi seperti PAD dan APBDnya hampir sama.

” Banyak kesamaan, rencana minggu depan baru kita laksanakan Paripurna,” Jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Morut, Warda Dg Mamala mengatakan, kunjungan dan studi pansus DPRD Sigi ini untuk sharing Pansus LKPJ 2023, diman persamaan yang terjadi di Sigi dengan Morowali Utara yakni APBD dan PAD.

” Cuma kendalanya PAD kita di Morowali Utara dimana tercapai tinggi namun tidak terbagi, sementara di Sigi penghasilan PAD mereka hanya galian C namun PAD nya tinggi dan terbagi semua, demikian halnya dengan pajak reklame berjalan bagus sesuai perda,” katanya.

Warda menyerukan agar patut dicontoh oleh kabupaten Morowali Utara, dimana penghasil PAD rendah tapi target pencapaian PAD tinggi, sementara Morut PAD bersumber dari pabrik GNI, sawit, karet, sawah, galian C dan Nikel, namun jauh pencapaian target.

” Kenapa ini terjadi mungkin lemahnya pengawasan DPRD dan Pemda, jadi kedepan kita akan perketat pengawasan,” Imbuhnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan