Pemangku Adat Pamona Audiens Bupati Lutim Terkait Kegiatan Rapat Akbar

142

Luwu Timur, batarapos.com – Pemangku Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu melakukan audiens dengan Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Senin (17/05/2021), di Rumah jabatan Bupati Lutim, Kecamatan Malili.

Rombongan pemangku adat ini dipimpin langsung Ketua Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu, Pellias Tangoa, didampingi beberapa dewan adat antara lain ; Yonto Mongadi, Kalvin Endo Lembo, Bartil Ropelemba, Ketua Panitia Musyawarah Besar Lembaga Adat Pamona, Yansen Rampu. Turut juga mendampingi penasehat tim relawan SintuwuRaya, Pdt. Eliezer Meringi, M.Th, Kades Bayondo dan Tadulako, Ketua Adat Lipu Angkona serta Sekretaris Tim Relawan Pamona SintuwuRaya, Bobi Hertanto.

Kehadiran Rombongan pemangku adat Lemba Pamona Luwu bersilaturahmi dengan Bupati Lutim adalah untuk menyampaikan beberapa hal terkait keberadaan lembaga adat Pamona serta agenda yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yakni Rapat Akbar atau dalam bahasa Pamona dikenal dengan “Gombo Bangke”.

Selain itu juga untuk menyampaikan selamat atas terpilihnya Budiman sebagai Bupati Luwu Timur yang pada Pilkada lalu berpasangan dengan Muhammad Thoriq Husler sebagai calon Bupati, yang juga mendapat dukungan penuh dari masyarakat adat Pamona secara mayoritas.

Terkait dengan rencana pelaksanaan musyawarah besar atau Gombo Bangke tersebut, Bupati Budiman menyatakan responnya dan minta panitia agar mempersiapkan dengan baik serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Buat semeriah mungkin, namun harus tetap mematuhi standar protokol kesehatan mengingat situasi daerah kita masih berjuang menekan penyebaran virus Covid -19,” kata Bupati .H. Budiman.

Menurut Bupati, eksistensi Lembaga Adat sangat dibutuhkan untuk membantu Pemerintah dalam pembangunan sumberdaya manusia khususnya pengembangan adat budaya di Luwu Timur.

Kedepannya, kami akan memperkuat lembaga-lembaga adat yang ada di Luwu Timur karena lembaga inilah yang akan menjaga nilai-nilai moral karakter budaya di daerah,” tambah Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih atas dukungan mayoritas masyarakat Pamona melalui Tim Relawan Pamona SintuwuRaya yang juga ikut andil dalam Pilkada Lutim untuk memenangkan pasangan Husler-Budiman.

Ketua Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu dikonfirmasi usai bertemu Bupati Lutim mengatakan bahwa kedatangan lembaga adat Pamona bersilaturahmi dengan Bupati untuk menyampaikan beberapa kegiatan lembaga adat khususnya musyawarah besar atau Gombo Bangke sekaligus menyampaikan selamat kepada Bupati yang terpilih dan telah dilantik.

Alhamdulilah Bupati Luwu Timur sangat merespon dengan baik kegiatan ini bahkan beliau minta agar dilakukan dengan meriah namun tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Pellias Tangoa.

Pellias juga mengatakan, lembaga adat Lemba Pamona siap mengawal dan mendukung program Pemerintah daerah dalam pembangunan adat dan budaya di Luwu Timur.

Sementara ketua panitia “Gombo Bangke”, Yansen Rampu mengungkapkan, musyawarah besar lembaga adat lemba Pamona Luwu ini diagendakan  berlangsung pada 28 Juni 2021 mendatang di Dusun Tawibaru Desa Pancakarsa Kecamatan Mangkutana, dengan melibatkan semua pemangku adat pamona di tingkat Desa dan Dusun se Lemba Pamona yang berada Luwu Utara dan Luwu Timur kurang lebih 25 desa/dusun yang didiami oleh masyarakat adat Pamona.

Yansen menambahkan, untuk mempersiapkan pelaksanaan musyawarah besar tersebut, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat evaluasi dan pemantapan terkait teknis pelaksanaannya.

Kita sudah agendakan untuk rapat panitia setelah audiens dengan Bupati,” jelas Yansen Rampu. (ikp/kominfo)

SebelumnyaPembelajaran Tatap Muka di Luwu Timur Dilaksanakan Pekan Depan
SelanjutnyaMeski Zona Hijau, Kapolres Luwu Utara Minta Personil Tidak Lengah Antisipasi Penyebaran Covid-19