20 Juli 2024, 9:36 pm

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Kades Lagego dan Mahasiswa KKN-T Unanda Palopo Tanam Mangrove di Pantai

Luwu Timur, batarapos.com – Meski air dipinggir pantai sampai lutut orang dewasa, namun Kades Lagego bersama Mahasiswa Kuliah kerja nyata tematik (KKN-T) angkatan XXXVI tahun akademik 2023 Unanda Palopo tetap semangat melakukan penanaman pohon mangrove, dibibir pantai di dusun Lagego I, desa Lagego, kecamatan Burau, kabupaten Luwu Timur, Senin (05/06/2023).

Kegiatan ini melibatkan partisipasi Sekdes Lagego, BPD, Karang Taruna, Pengurus Bumdes, para kepala Dusun, RT/RW dan masyarakat desa Lagego.

Kordes Mahasiswa KKN-T Unanda Palopo Junasril mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program kerja kami di desa Lagego.

“Ini merupakan salah satu program kerja yang kami tawarkan kepada kepala desa, kepala dusun dan masyarakat. Alhamdulillah mendapat respon yang sangat positif,” ucapnya.

“Ekosistem pohon mangrove memiliki peran yang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata,” jelas Junasril.

Lanjut Junasril, menuturkan bahwa bibit mangrove diperoleh dari bibir Pantai.

“Bibit yang kami gunakan didapat secara gratis dengan bantuan Kepala Desa,” ujar Mahasiswa jurusan tekhnik sipil angkatan 2018 ini.

“Saya mewakili teman-teman Mahasiswa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Lagego Akbar Huzair.S.E, menuturkan bahwa gerakan penanaman Seribu pohon mangrove ini, dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

“Selain memperingati hari lingkungan hidup, kegiatan ini juga sebagai aksi “Peduli ki, Saya jaga ki”, dan juga sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan serta diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Pantai desa Lagego,” harapnya.

“Penanaman Mangrove sendiri berdampak positif bagi pantai, yakni bisa mengurangi dampak abrasi dari pantai, jadi semoga bibit mangrove yang ditanam ini, dapat tumbuh dengan baik dan besar sehingga bisa mencegah abrasi sungai, banjir, dan bencana lainnya, serta berguna di waktu yang akan datang,” jelas Kades Lagego Akbar Huzair.S.E.

Tim batarapos.com/Dedhy

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan