PusBimtek PALIRA Bersama Pemdes Wonorejo Timur Gelar Bimtek Tata Kelola Desa

180

Luwu Timur, batarapos.com – Pusat Bimbingan Teknis Padepokan Literasi Nusantara (PusBimtek PALIRA) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Wonorejo Timur melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa dengan tema “Teknik Tata Kelola Desa”.

Kegiatan ini digelar selama 2 hari di Aula kantor desa Wonorejo Timur, Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur. Sabtu-Minggu (21-22/1/2023).

Sambutan-sambutan oleh ketua panitia (Joni Tri Sulasmono, S.Kom), Sekdes (Ismunandar), Ketua BPD (Pujianto, S.E), Camat Mangkutana Zulkifli Adi Saputra, S.T sekaligus membuka acara secara resmi.

 

Kegiatan ini menghadirkan Direktur PusBimtek PALIRA H. Nur Rozuki, S.Pd selaku pemateri yang didampingi manager Daerah PusBimtek PALIRA Kab. Gowa Ardiansyah, S.Sos dan Amri Bahri, S.H sebagai SekWil PusBimtek PALIRA Provinsi Sulawesi Selatan.

Peserta kegiatan sebanyak 63 orang yang terdiri dari unsur Pemerintah desa, BPD, pengurus Bumdes, TP-PKK, ketua RT, Satlinmas, kader-kader desa dan tokoh masyarakat Wonorejo Timur.

Selama 2 hari peserta mengikuti kegiatan dan dilanjutkan dengan pendalaman pada malam harinya. Adapun materi yang disajikan adalah Wawasan kedesaan, Tata kelola Pemerintahan desa, Tata kelola regulasi desa, dan Tata kelola Lembaga Kemasyarakatan desa.

Peserta bimtek sangat puas karena materi dipaparkan dengan baik melalui pemateri tanpa harus jauh-jauh menimba ilmu.

Apalagi pada setiap sesi, peserta yang pemahamannya bagus terhadap materi diberikan doorprize oleh panitia melalui games dan pretest.

Harapan Camat agar bimtek seperti ini kedepannya diikuti oleh semua desa di kecamatan Mangkutana dan mengapresiasi Wonorejo Timur yang berinovasi menghadirkan totur yang berkompeten dari pulau Jawa sebab beliau juga adalah mantan pelaku di desa (mantan ketua Forum sekdes Indonesia).

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Kepala Desa Wonorejo Timur Anwar, S.Pd yang didahului dengan penyerahan sertifikat kepada peserta dan cinderamata kepada pemateri.

Tim batarapos.com/Astri

SebelumnyaCiptakan Situasi Aman dan Kondusif, Samapta Polres Morut Patroli di Kawasan Industri PT GNI
SelanjutnyaBupati Budiman Pimpin Tim Sepakbola Lutim pada Laga Eksebisi Peringatan HJL dan HPRL