BERITA RAKYAT

SAKIP Luwu Timur Raih Predikat B dari Kemenpan RB

Yogyakarta, batarapos.com – Untuk pertama kalinya, Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2019 meraih predikat B berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hasil evaluasi itu diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahyo Kumolo kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, Bahri Suli, pada acara penganugerahan SAKIP Award 2019 Wilayah III Kabupaten/Kota di Ballroom Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa, implementasi SAKIP terus mendorong instansi Pemerintah untuk fokus pada pencapaian prioritas pembangunan nasional melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

Sementara Sekda Luwu Timur, Bahri Suli mengatakan, ada lima indikator yang menjadi objek penilaian, yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal hingga capaian kinerja.

Alhamdulilah, nilai SAKIP Pemkab Luwu Timur berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB naik dari predikat CC Tahun 2018 dengan nilai 58,08 meningkat menjadi predikat B Tahun 2019 dengan nilai 60,17,” kata Bahri Suli.

Penilaian ini, lanjut Bahri, menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja sudah cukup memadai dan kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan Pemerintahan yang berorientasi pada hasil dilingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur telah menunjukkan hasil yang baik.

Dalam kesempatan itu, Sekda didampingi Kepala Bapelitbangda, Budiman Hakim, Inspektur, Salam Latief, dan Kabag Organisasi Setdakab Luwu Timur, Asmasari.

Untuk diketahui, ada 190 Pemerintah daerah yang tergabung dalam Wilayah III yakni Provinsi DIY, Jawa Tengah, Sulut, Sulsel, Gorontalo, Sultra, Sulteng, Papua Barat, Papua, Maluku dan Maluku Utara menerima hasil evaluasi SAKIP dan rekomendasi perbaikannya. (hms/ikp/kominfo)

loading...
Jangan Lewatkan
Komentar
Loading...