SEMA Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar Gelar Kegiatan Law Fest 2020

38

Makassar, batarapos.com – Senat Mahasiswa atau SEMA Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar merupakan salah satu organisasi internal fakultas dibidang legislatif, kembali adakan Law Fest 2020.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa (SEMA) fakultas syariah dan hukum UIN Alauddin Makassar.

Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena meskipun ditengah wabah covid-19 Senat Mahasiswa berhasil menyelenggarakan kegiatan law fest 2020.

Pada tahun ini Law fest 2020 mengangkat tema “Optimalisasi Kinerja Senat Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar” dan mempunyai beberapa item kegiatan diantaranya Baksos (aksi kemanusiaan) dan kompetisi Essai nasional.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 09 November hingga 10 November 2020 lalu.

Baksos (aksi kemanusiaan) merupakan salah satu kegiatan yang telah terselenggara oleh senat mahasiswa.

Dalam kegiatan ini mengangkat tema “Aksi Kemanusiaaan Mengukir Jejak Insan Pengabdi Dalam Bingkai Kebersamaaan Ditanah Tompobulu”.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 20-22 November 2020 di dusun Baru, Kec. Tompobulu, kab. Maros. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan 3 lembaga yaitu Senat Mahasiswa FSH UINAM, HMJ Hukum Tatanegara dan Lintas Pelosok Ilmu (LPI).

Kegiatan selanjutnya adalah Nasional Essay Competition dimana pada kegiatan ini mengangkat tema “Urgensi Pilkada Di tengah pandemi Covid-19”
Dengan jumlah peserta yang ikut berpartisipasi 165 dari 34 univ/instansi diseluruh Indonesia.

Kegiatan law fest ini mengadakan closing ceremony dimana kegiatan ini paling ditunggu-tunggu oleh peserta kompetisi karena ini merupakan pengumuman untuk kompetisi essay nasional.

Para pemenang dalam kompetisi ini adalah Juara 1 dari universitas Jember (Moh Marsa Taufiqurrohman), Juara 2 dari UGM (Shahyb Handyanto)
Juara 3 dari Unhas (A. Muh Faudzul Aaziim), Harapan 1 dari IPDN (Amon Sihite), Harapan 2 dari UINAM (Anggita Ananda sari), Harapan 3 dari Univ Semarang (Ahmad habib Alfikry).

Kegiatan law fest ini diakan karena memang kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh senat mahasiswa (SEMA) fakultas syariah dan hukum UIN Alauddin Makassar. Kita sengaja mengambil tema seperti ini sebagai bentuk pengabdian kita ke masyarakat dan juga kami mengadakan lomba Supaya lebih bisa mengasah otak dan bersaing bersama beberapa univ/instansi di Indonesia saya berharap kegiatan ini memberikan feedback kepada masyarakat atau peserta kompetisi lebih-lebih kepada pengurus SEMA itu sendiri” Ucap Ketua Umum SEMA (Muh Rahul Syuaib).

Ketua Panitia Law Fest 2020, (Nur Azzah Fadila) menyampaikan bahwa meskipun di tengah pandemi covid-19 masih bisa produktif dan kembali mengabdi kepada masyarakat pelosok.

Yah, karena kondisi yang serba terbatas kegiatan ini tetap terselenggara ditahun ini, dengan kegiatan baksos ini kita kembali mengabdi kepada masyarakat dan kegiatan lomba essai nasional bisa menjadikan produktif dan inovatif meski ditengah wabah covid-19” Tutur Nur Azza Fadila. (**).