18 Juni 2024, 5:07 am

Sufriaty Budiman Berharap Terwujud Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana di Lutim

Luwu Timur, batarapos.com – Sebagai daerah yang tergolong rawan bencana, Ketua Tim Penggerak PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman berharap agar di Kabupaten Luwu Timur dapat terwujud keluarga tanggap dan tangguh bencana.

Harapan tersebut disampaikan Sufriaty saat membuka Sosialisasi Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) rawan bencana Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pokja IV PKK Kabupaten Luwu Timur bekerjasama dengan BPBD Lutim, yang berlangsung di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Selasa (20/6/2023).

Hadir sebagai Narasumber pada sosialisasi KIE Rawan Bencana ini, Pengamat Meteorologi dan Geofisika, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Marniati dan Kaharuddin.

Hj. Sufriaty Budiman juga menyampaikan Apresiasi dan terimakasih kepada Plt. BPBD beserta segenap jajaran yang telah bersedia bekerjasama dengan TP PKK Lutim dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Jadi ini merupakan satu wadah untuk kita melatih dan mengembangkan diri. Sehingga dengan izin Tuhan kita akan dengan mudah menyampaikan hal-hal yang baik kepada orang-orang di sekitar kita,” tandas Sufriaty.

Lebih lanjut, Sufriaty memaparkan materi terkait Keluarga Tangguh Bencana. Ia menjelaskan, dampak Bencana akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Sehingga diperlukan Peningkatan Kapasitas melalui Edukasi kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kempampuannya dalam melakukan Pencegahan dan mitigasi bencana terutama di Rumah Tangga.

“Untuk itu, diharapkan terwujudkan keluarga Sehat tanggap dan tangguh bencana dalam artian nantinya individu, keluarga dan masyarakat mampu menolong dirinya sendiri secara mandiri dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan dari aspek fisik manusia maupun lingkungan,” jelasnya.

Menurutnya, setiap anggota keluarga perlu mengetahui dan memperkuat struktur bangunan, insfrastruktur fasilitas dan perabot yang ada di dalam rumahnya.

“Tidak hanya risiko bencana di rumahnya, namun juga risiko bencana yang ada pada lingkungan aktivitas harian tiap- tiap anggota keluarga, baik aktivitas rutin, ataupun aktivitas temporer, seperti liburan, dan kunjungan keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. BPBD Lutim, Masdin menganggap, dengan adanya kegiatan PKK yang memberikan Komunikasi, informasi dan edukasi terkait rawan bencana kepada seluruh pengurus TP PKK, DWP dan organisasi wanita yang hadir, secara tidak langsung BPBD juga sangat terbantu.

“Bahwa memang harus dipahami, setiap wilayah memiliki potensi bencana. Oleh karena itu, saya berterimakasih kepada Ketua TP PKK Lutim beserta seluruh jajaran telah menginisiasi kegiatan yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Turut hadir Plt. Kepala BPBD Lutim, Masdin beserta jajaran, Ketua Bidang IV TP PKK Lutim, Masrah Bahri Suli, Ketua IKA DPRD Lutim beserta Pengurus, Ketua Bhayangkari Cabang Lutim, Ketua Persit KCK Cabang XXXVIII Palopo, Ketua Adhyaksa Dharmakarini Lutim, Ketua DWP Kemenag Lutim, Ketua DWP Statistik Lutim, Ketua IWAPI Lutim, Aisyiah Lutim, Ketua IKVI Lutim, Ketua DWP Unit OPD, Pengurus TP PKK Lutim, Ketua TP PKK Kecamatan se-Lutim beserta Ketua TP PKK Desa.

Sumber : Humas/kominfo-sp

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan