15 Juni 2024, 6:40 pm

Tungku Smelter PT. GNI Meledak Lagi, Satu Karyawan Kontraktor Tewas

Liputan : Tim batarapos.com/RD
Editor : Inggrid

Morut, batarapos.com – Tungku smelter PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) meledak, Rabu (27/9/2023) pukul. 10.45.

Ledakan tungku itu terjadi di smelter 1 PT. GNI, akibatnya satu karyawan kontraktor inisial SH (21) asal kecamatan Pulau Derawan, kabupaten Berau, Kalimantan Timur meninggal dunia.

” Korban karyawan PT NRP. Kontraktor di PT GNI,” Kata Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijaya kepada wartawan.

Karyawan kontraktor yang menjadi korban itu bekerja sebagai operator excavator, saat bekerja ia mengambil slag di tungku 7 smelter 1, hanya saja slag tersebut masih dalam kondisi panas lalu kemudian meledak saat didinginkan dengan air.

” Berdasarkan keterangan saksi-saksi, korban saat mengambil slag diduga masih dalam kondisi panas sehingga pada saat didiginkan dengan air terjadi letupan karena dalam kondisi suhu tinggi,” terangnya.

Saat kejadian, karyawan yang bekerja di area tersebut berhamburan menyelamatkan diri, sesaat setelah kejadian karyawan kembali memadamkan api.

” Sekitar 5 sampai 10 menit kemudian para karyawan dan safety melakukan pemadaman menggunakan Apar dan melakukan pencarian operator (korban) yang bekerja di kolam slag tersebut,” jelasnya.

Korban saat ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, diduga melompat dari ekskavator saat kejadian, tubuh korban berada di kolam pendingin slag dan mengalami luka bakar.

” Korban ditemukan di dalam kolam pendingin slag, ditemukan juga ekskavatornya dalam kondisi kaca pecah dan pintu kabin sudah terbuka, diduga korban keluar meloncat saat terjadi letupan dan jatuh di kolam slag,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan