19 Juni 2024, 10:54 pm

Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba dan Obat Terlarang, Satresnarkoba Polres Luwu Utara Lakukan Sosialisasi

Liputan : Tim batarapos.com/Dedi

Luwu Utara, batarapos.com – Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Luwu Utara, Polda Sulawesi Selatan, menggelar sosialisasi tentang bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang di Kantor Desa Laba, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan ini melibatkan 17 orang Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhammadiyah Palopo, Kepala Desa Laba, Lk. Oser, Bhabinkamtibmas Polsek Masamba, Aiptu Hartono, aparatur pemerintah desa, dan masyarakat setempat.

Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kaur bin ops Sat Narkoba Polres Luwu Utara, IPTU Tadius Palipadang.

IPTU Tadius Palipadang, mengungkapkan kesadaran akan rentannya anak-anak usia pelajar dan mahasiswa terhadap penyalahgunaan narkoba.

Oleh karena itu, perhatian khusus diberikan untuk memastikan agar mereka memahami bahaya narkoba dan terhindar dari jeratan penyalahgunaan.

” Penting bagi para pelajar untuk memahami bahaya narkoba agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan,” ungkapnya, Jumat, (8/3/2024).

Ia memaparkan berbagai jenis narkoba yang beredar di Indonesia, beserta dengan bahaya yang dihadapi apabila mengonsumsinya.

Dalam paparan tersebut disampaikan mengenai pasal-pasal yang berlaku bagi para pelaku penyalahgunaan narkoba, serta tindakan hukum yang akan diterapkan oleh pihak kepolisian.

Melalui kegiatan penyuluhan ini, diharapkan dapat meningkatkan peran serta pelajar dan mahasiswa dalam memerangi peredaran narkoba.

Pengetahuan yang diperoleh dari penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba terhadap keluarga dan lingkungan.

” Kami mengingatkan para pelajar dan mahasiswa agar berhati-hati dalam pergaulan, karena seringkali pergaulan yang salah menjadi awal dari penyalahgunaan narkoba,” tegas IPTU Tadius Palipadang.

Smeentara, Kapolres Luwu Utara, AKBP Muhammad Husni Ramli, menjelaskan bahwa upaya pemberantasan narkoba membutuhkan peran serta dari seluruh elemen masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk melakukan penyuluhan di berbagai lapisan masyarakat, termasuk desa-desa, sekolah-sekolah, dan universitas sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat, khususnya generasi muda, dapat lebih sadar akan bahaya narkoba dan bersama-sama menjaga lingkungan dari dampak negatif penyalahgunaan narkotika.

” Upaya ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas dalam memerangi peredaran narkoba di Indonesia khususnya di Luwu Utara,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan