23 Juli 2024, 11:32 pm

Bumdes di Luwu Timur Ini Beromset Setengah Miliar, Dongkrak PAD Masyarakat Sejahtera

Liputan : tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Harapan Desa Bangun Jaya kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur mendapat apresiasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Luwu Timur.

Pasalnya Bumdes Harapan salah satu dari ratusan Bumdes di Luwu Timur yang menjadi inspirasi, pasalnya Bumdes ini telah beromset setengah Miliar lebih atau sekitar Rp. 555 juta sejak terbentuk pada tahun 2017 lalu.

Kepala Bidang Pengembangan SDM dan SDA, Dinas PMD Luwu Timur, Wayan Sudiono, mengatakan bahwa capaian Bumdes Harapan hingga saat ini patut diapresiasi, hal tersebut menurutnyabisa tercapai atas keaktifan para pengurus Bumdes.

“ Bumdes Harapan Desa Bangun  jaya bisa jadi inspirasi buat desa yang lain, pengurus Bumdes ini aktif dalam perencanaan, monitoring, rapat agenda Bumdes  sesuai yang diatur dalam Perdes Bumdes, serta musyawarah lainya dan program unit-unit usaha semua berjalan dengan baik,” Ucap Wayan Sudiono.

Kepada batarapos.com, Direktur Bumdes Harapan, Suratman memaparkan capaian pengelolaan Bumdes yang awalnya tahun 2017 mendapat penyertaan modal sebesar Rp. 100 juta dari Desa yang saat ini telah beromset Rp. 555 juta.

Dia juga mengungkapkan bahwa salah satu pendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD) Bangun Jaya melalui Bumdes Harapan, dimana tahun 2023 lalu menyerahkan PAD ke Desa sekitar Rp. 80 juta, yang juga berkontribusi dalam penerangan jalan umum sebanyak 400 titik dan subsidi operasional ambulance Desa.

“ Penyertaan modal awal itu seratus juta tahun 2017, Alhamdulillah setiap tahun ada peningkatan yang saat ini jika ditotal itu sudah lima ratus lima puluh lima juta, tapi kita juga memenuhi kewajiban PAD dua puluh persen ke Desa, yang tentunya PAD ini untuk masyarakat juga,” Kata Suratman, Selasa 25 Juni 2024.

Suratman memaparkan usaha yang dikelola oleh Bumdes Harapan tidak hanya terfokus pada satu usaha saja, menurutnya saat ini salah satu pengahasilan Bumdes yang menonjol adalah pengadaan jaringan internet masyarakat.

Dimana saat ini sekitar 50 pelanggan rumahan di Desa Bangun Jaya yang menggunakan jaringan wifi melalui Bumdes, dari pelanggan ini Bumdes bisa menghasilkan hingga Rp. 10 juta setiap bulannya, tidak hanya itu, ada juga system penjualan voucer wifi yang berpengasilan lebih tinggi mencapai Rp. 20 juta setiap bulannya.

“ Kita bergerak diunit usaha, internet rumahan, penjualan vocer untuk masyarakat, ATK, campuran, pangakalan tabung elpiji dan ATM link, semua ini, selain menghasilkan bagi Bumdes juga memberikan dampak ekonomi, sosial kemasyarakat dan Desa, intinya demi kesejahteraan masayarakat Bangun Jaya,” Ungkapnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan