30 Mei 2024, 3:10 am

Bupati Morowali Utara Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pura Agung Kerta Buana

Morowali Utara, batarapos.com – Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi melakukan peletakan batu pertama pembangunan tahap awal Pura Agung Kerta Buana di Desa Togo Mulya Kecamatan Petasia Barat, Selasa (28/03/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali Utara Febriyanthi H.D.J Hehi,  Anggota DPRD Morowali Utara Hj. Megawati Ambo Asa, Kepala BKPSDM, Nimrod Tandi, Camat Petasia Barat Sat Yun Man Bert Lauo, Babinkamtibmas Briptu Edi Kurniawan, Babinsa Sertu Pamilu dan Ketua PHDI Kabupaten Morowali Utara I Wayan Suarnyana.

Dalam sambutannya Bupati Delis mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi kepada Masyarakat Hindu Togo Mulya yang telah berlangsung beberapa hari yang lalu. Beliau juga menyampaikan pesan kepada umat Kristen setempat agar selalu mengutamakan rumah ibadah sebagai dasar kecintaan kepada Tuhan.

” Kepada saudara saya umat kristen dalam peletakan batu pertama pembangunan gereja agar melihat contoh seperti umat hindu yang selalu mengutamakan rumah ibadah lebih didahulukan daripada tempat tinggal yang dibuat cukup sederhana, karena atas dasar kecintaan kita terhadap Tuhan,” pungkasnya.

Bupati Delis menambahkan bahwa dalam Lomba Utsawa dharma Gita tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, yang rencananya Kabupaten Morowali Utara akan menjadi tuan rumah, maka pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2 Miliar untuk kegiatan tersebut.

Selain itu pemda juga telah memberikan bantuan pembangunan Pura Kabupaten di Desa Tompira sebesar Rp. 700 juta serta dukungan kendaraan roda dua kepada Bimas Hindu agar mempermudah mengunjungi kegiatan umat.

Selanjutnya Bupati Delis secara pribadi memberikan sumbangan sebesar Rp. 50 juta dan Ketua TP-PKK Morut memberikan bantuan berupa 100 sak semen untuk kelancaran pembangunan Pura ini.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Parisadha Hindu Desa Togo Mulya, Buda Artha menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari Bupati dan seluruh undangan yang hadir pada peletakan batu pertama pembangunan Pura Agung Kerta Buana.

Keberadaan umat hindu terdiri dari 104 KK dan 411 jiwa yang ada di desa Togo sangat mengimpikan memiliki Pura untuk ibadah bersama sejak awal transmigrasi, dengan penuh syukur terlaksana peletakan batu pertama hari ini yang selanjutnya pembangunannya akan secara bertahap.

Akhir kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan tarian margapati yang merupakan sebuah tarian tradisi bali yang melukiskan gerakan seekor raja hutan, dengan berkembangnya masyarakat Hindu akan menambah kekayaan adat dan budaya di Morowali Utara.

Tim batarapos.com/Rudini

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan