23 Juli 2024, 11:45 pm

Camat Tomoni Timur Hadiri Piodalan Pura Dalem Penataran di Desa Cendana Hitam

Liputan : Kominfo-SP

Luwu Timur, batarapos.com – Rabu sore, (26/06/2024), umat Hindu di Desa Cendana Hitam, Kecamatan Tomoni Timur, Kabupaten Luwu Timur, menggelar acara Piodalan Pura Dalem Penataran. Piodalan, sebuah upacara sakral untuk merayakan hari ulang tahun pura, menjadi momen istimewa yang turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting.

Camat Tomoni Timur, Yulius, hadir dalam acara ini, didampingi Sekretaris Desa Cendana Hitam, Nyoman Winarto. Hadir pula mantan Kepala Desa Cendana Hitam, Made Sudarsana, dan tokoh agama Hindu Luwu Timur, I Wayan Sudiarsa. Kehadiran para pemimpin desa, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Cendana Hitam, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta seluruh umat Hindu setempat menambah khidmat suasana.

Ritual Piodalan Pura Dalem Penataran dipimpin oleh pinandhita dan para jero mangku yang memercikkan air suci kepada umat yang hadir. Serangkaian kegiatan, mulai dari persembahyangan, tari-tarian sakral, hingga berbagai persembahan, turut memeriahkan acara yang disiapkan oleh masyarakat setempat.

” Piodalan Pura Dalem Penataran adalah upacara keagamaan umat Hindu yang diselenggarakan untuk merayakan hari ulang tahun sebuah pura. Setiap pura memiliki hari piodalan yang berbeda sesuai dengan kalender Bali (kalender Saka),” ujar I Wayan Sudiarsa, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Angkona. Ia menjelaskan bahwa Pura Dalem Penataran dipersembahkan untuk Dewa Siwa dalam manifestasinya sebagai dewa kematian.

Dalam sambutannya, Yulius menyampaikan apresiasinya atas kesempatan untuk hadir bersama umat Hindu Desa Cendana Hitam dalam upacara ini. “Sebagai kepala pemerintahan di Kecamatan Tomoni Timur, saya berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat, tanpa memandang suku, agama, dan latar belakang. Hari ini saya berada di pura, besok di gereja, dan mungkin lusa di masjid, dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ungkapnya.

Mantan Sekretaris Dinas Kominfo Luwu Timur ini juga mengajak umat Hindu di Desa Cendana Hitam untuk mendukung program pemerintah daerah yang sedang dan akan dilaksanakan. “Banyak program pemerintah daerah yang sedang berjalan di hampir semua sektor, termasuk pembangunan bidang pertanian yang menjadi prioritas di Luwu Timur. Tugas kita bersama untuk mengawal program tersebut agar tepat sasaran,” jelas Yulius.

Di akhir sambutannya, Yulius mengimbau umat Hindu untuk selalu menjaga kondusifitas wilayah, mengingat masyarakat yang sangat majemuk. “Jika kita aman dan tidak ada konflik, kita juga bebas bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga kita,” tandas Camat Tomoni Timur, Yulius.

Sisipkan juga camat tomoni timur mengajak masayrakat desa cendana hitam untuk untuk mendukung program tomoni timur kecamatan sribu cahaya dengan cara memasang lampu penernangan di depan rumah masing-masing.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan