Cegah Narkoba, BNK Luwu Timur Gandeng PT. Vale Lakukan Bimtek

20

Nuha, batarapos.com – Mewujudkan Luwu Timur terkemuka tanpa narkoba, BNK Lutim bersama BNNP Sulsel bekerja sama dengan PT. Vale lakukan Bimtek peningkatan kemampuan dalam pelaksanaan rehabilitasi berkelanjutan di gedung pertemuan Matano Player, desa Sorowako, Rabu (23/10/19).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakapolres Lutim (Kompol. Muh. Rifai), ini juga dihadiri oleh Kabid rehabilitasi BNN Provinsi Sulawesi Selatan (Sudarianto. SKM. M. KES), Kasat Narkoba polres Lutim (Iptu. Heri), camat Nuha, lurah dan kades se-kecamatan Nuha, serta para peserta dari 11 kecamatan yang ada di Luwu Timur dan beberapa ormas serta pelajar tingkat SMU.

Dalam sambutannya, Kompol. Rifai, mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BNK Lutim dalam proses pencegahan narkotika di masyarakat, sebab menurutnya sekarang ini banyak jenis-jenis narkoba yang beredar, sehingga aparat perlu melakukan beberapa langkah dengan mengikut sertakan stakeholder dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba untuk menyelamatkan generasi selanjutnya agar tidak masuk kedalam jeratan peredaran narkotika.

Selain itu dirinyapun berharap agar apa yang dilakukan ini bisa berkelanjutan, sehingga keinginan pemerintah kabupaten Luwu Timur terkemuka tanpa narkoba bisa terwujud.

Senada dengan yang disampaikan Wakapolres Lutim, managemen PT. Vale juga menyatakan siap membantu BNN provinsi Sulawesi Selatan dalam memerangi narkoba. Menurutnya apa yang dilakukan BNN dalam pencegahan dan pemberantasan serta penyembuhan ketergantungan obat terlarang bisa lebih ditingkatkan. Dengan adanya kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas seperti ini bisa menjauhkan para generasi muda dari hal-hal negatif yang bisa timbul karena pergaulan.

“PT. Vale sangat mendukung kegiatan seperti ini, dengan melakukan kegiatan positif untuk mencegah, memberantas, dan menyembuhkan masyarakat dari ketergantungan narkoba. Bukan hanya itu, kami berharap agar sinergitas seperti ini harus ditingkatkan sehingga bisa berkelanjutan demi memerangi narkoba,” ucapnya.

Seperti diketahui, BNNP Sulsel hampir setiap tahunnya datang di Lutim. Terkhusus Sorowako karena BNN dan PT. Vale mempunyai misi yang sama dalam pencegahan narkotika, serta kerja sama dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba di Luwu Timur.

Kepala bidang rehabilitasi BNN provinsi Sulsel, Sudarianto mengatakan kalau pelatihan atau Bimtek yang dilakukan selama 3 hari kedepan ini diharapkan bisa menambah kapasitas para peserta untuk proaktif dalam melakukan sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat. dimana selama 3 hari kedepan terhitung hari ini hingga 25 Oktober mendatang peserta akan diberi kuliah umum serta pelatihan peningkatan kemampuan dalam pelaksanaan rehabilitasi berkelanjutan.(AR)