18 Juni 2024, 4:34 am

Dinas PKP Lutim Study Banding Cara Menaman Pala di Kabupaten Bulukumba

Bulukumba, batarapos.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) Kabupaten Luwu Timur melakukan kunjungan studi komparatif (Study banding) terkait Budidaya tanaman Pala ke Kelurahan Ballasaraja, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Senin (03/07/2023).

Studi komparatif Dinas PKP Luwu Timur ini dipimpin langsung Kepala Bidang Perkebunan Muhtar, SP.MP, dan diikuti oleh para petugas teknis perkebunan, penyuluh dan perwakilan 5 kelompok tani yang akan menerima bantuan bibit pala dari emerintah provinsi sulawesi selatan sebanyak 11.375 pohon untuk rencana tanam seluas 91 ha.

Rombongan diterima langsung oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba, Drs. Muh. Thaiyeb Maningkasi, M.Si. didampingi sekretaris dinas Andi Trismiati, SP. M.AP, kabid Hortikultura dan perkebunan Iwan Setiawan Suyuti, SP. MP., serta Lurah Ballasaraja Andi Bangsawan, di sekretariat KWT Mawar Kelurahan Ballasaraja.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan , melalui Kepala Bidang Perkebunan Muhtar, SP.MP, mengatakan study komparatif ini dimaksudkan untuk membekali para petugas teknis, penyuluh dan petani penerima bantuan tentang komoditi pala melalui pengamatan secara langsung dan sharing informasi melalui diskusi dengan petani pala setempat.

“Pengembangan komoditi atau tanaman pala di kabupaten Luwu Timur masih terbilang baru meskipun sebelumnya telah ada masyarakat atau petani yang menanam secara swadaya dalam jumlah terbatas,“ jelas Muhtar.

“Oleh karena itu, kami mencari daerah yang sudah lebih dahulu melakukan budidaya tanaman Pala ini sebagai referensi, dans alah satunya adalah di Kabupaten Bulukumba,” imbuh Muhtar.

Muhtar menambahkan, komoditi pala merupakan salah satu komoditi eksport perkebunan dengan nilai ekonomi yang tinggi, sehingga akhir-akhir ini telah banyak petani di Luwu Timur yang berminat untuk menanam dan mengembangkan namun harus dibekali pengetahuan tentang cara membudidayakan sehingga hasilnya lebih maksimal.

Sumber : Humas/Kominfo-sp

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan