15 Juni 2024, 7:04 pm

Gelar Pangan Murah, Budiman : Ini Upaya Pemerintah Menjaga Kesediaan Pangan di Masyarakat

Liputan : Humas/Kominfo-sp
Editor : Nur Ainun

Luwu Timur, batarapos.com – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Pangan Murah serentak secara nasional dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh tepat pada hari ini, Senin 16 Oktober 2023.

Selain Kabupaten Luwu Timur, Gerakan Pangan Murah ini telah dilakukan di 430 titik selama bulan Oktober 2023 sebagai rangkaian Hari Pangan Sedunia Tahun 2023. Adapun pada hari ini, Gerakan Pangan Murah dilaksanakan di 186 titik.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menstabilkan pasokan, harga pangan dan menjaga daya beli masyarakat. Dan masyarakat dapat berbelanja kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur.

Gerakan Pangan Murah yang dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi yang juga selaku Plt. Menteri Pertanian RI, diikuti Bupati Luwu Timur, H. Budiman, Wakil Bupati Lutim, Mochammad Akbar, Sekda Lutim, H. Bahri Suli, para Asisten dan Staf Ahli, dan para Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim di panggung upacara Lapangan Soekarno Hatta Malili.

Usai mengikuti pembukaan, Bupati didampingi Wakilnya dan Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty, Sekda Lutim, dan pejabat Pemda Lutim memantau jalannya Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemkab Lutim di samping Panggung Upacara Lapangan Soekarno Hatta.

Bupati Budiman, Ketua PKK Lutim, Wakil Bupati dan pejabat Pemda Lutim tidak hanya memantau jalannya kegiatan tapi juga turut berbelanja produk-produk UMKM yang tersedia di stand pangan murah ini.

” Alhamdulillah, ini bagian dari upaya pemerintah daerah untuk melakukan sesuatu terkait dengan menjaga kesediaan pangan di masyarakat, ini berhubungan juga dengan usaha kita menekan inflasi,” kata Budiman saat dikonfirmasi di sela-sela kunjungannya.

Beliau melihat antusiasme masyarakat sangat luar biasa, dan harga di kegiatan ini sangat terjangkau. “Tadi kita lihat ada petani bawang yang memberikan prospek yang bagus, dan ini kita akan dorong semua komuniti di Luwu Timur bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Saya fikir apresiasi lah kegiatan ini,” ucap Bupati menambahkan.

Terkait perhatian Pemda Lutim tentang produk Luwu Timur, Bupati Budiman menjelaskan bahwa, nanti akan kita bantu, seperti petani bawang yang tadi akan dibuatkan kelompok dekatkan dengan desanya di Kawata karena dia diatas di Ledu-Ledu. Kemudian produk UKM kita masuk di dinas lain. Semua dinas ini bekerja, kolaborasi dan simultan untuk menghasilkan produk yang baik bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Luwu Timur.

” Intinya hari ini saya bersama Wakil Bupati dan Ketua TP PKK hadir disini untuk memastikan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” terang Bupati Luwu Timur.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan