Hari Pangan Sedunia Tingkat Kabupaten, DKP Luwu Utara Gelar Pemilihan Duta Pangan

3

Masamba, Batarapos.com – Boleh dikata Luwu Utara menjadi daerah pertama di Sulawesi Selatan yang melaksanakan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Kabupaten. HPS tingkat Kabupaten ini adalah yang kedua kalinya sejak 2018 kemarin. Nah, menyambut HPS ke-39, Pemda Lutra melalui Dinas Ketahanan Pangan, bakal menggelar berbagai kegiatan yang menarik.

Beberapa diantaranya adalah Pemilihan Duta Pangan dan Pemilihan Petani Millenial. “Insya Allah, dua kegiatan ini akan kita laksanakan sebelum pelaksanaan HPS tingkat Nasional dilaksanakan di Kendari,” kata Kepala DKP, Alauddin Sukri, saat memimpin Rapat Persiapan HPS, Jumat (20/9/19), di Ruang Pertemuan Kantor DKP.

Sementara itu, Koordinator Panitia Pemilihan Duta Pangan dan Petani Millenial, Lenny, mengatakan bahwa formulir pendaftaran akan disebar kepada calon peserta untuk diisi guna memastikan keikutsertaannya dalam kegiatan ini.

“Duta Pangan kita peruntukkan bagi peserta perempuan, sementara petani millenial untuk laki-laki,” katanya.

Untuk kriteria peserta Duta Pangan, Lenny memberikan batasan usia, yakni dikisaran 16 – 25 tahun, dan harus berdomisili di Luwu Utara.

“Kriteria lainnya, peserta harus memiliki wawasan yang baik seputar pangan dan gizi,” terangnya.

Waktu pendaftaran untuk Pemilihan Duta Pangan dimulai pada 23 – 28 September 2019. Bagaimana dengan Pemilihan Petani Millenial? Ia menyebutkan pesertanya harus laki-laki millenial berusia 20 – 35 tahun, serta berdomisili di Luwu Utara.

“Calon pesertanya harus aktif bertani, komoditi apa saja, serta berwawasan agribisnis,” ucap Lenny.

Sama dengan Pemilihan Duta Pangan, pendaftaran juga dimulai pada 23 – 28 September 2019. Selain Pemilihan Duta Pangan dan Petani Millenial, panitia kegiatan yang terdiri dari unsur pemerintah, NGO, dan kampus ini, juga akan melaksanakan Lomba Foto view Sagu, dan Festival Kapurung khusus bagi para pelajar SMA dan sederajatnya.

“Semoga empat kegiatan yang akan kita laksanakan ini bisa berlangsung sukses,” pungkasnya. (Hms/Drs)