5 Maret 2024, 4:20 pm

Hari Santri Nasional, Budiman Serahkan Kendaraan Operasional untuk Kemenag Lutim 

Liputan : Kominf-SP  Luwu Timur
Editor : Ida Lestari

Luwu Timur, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman memimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional dengan tema “Jihad Santri, Jayakan Negeri” yang berlangsung di Lapangan Soekarno Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Minggu (22/10/2023).

Turut hadi pada kesempatan ini, unsur Forkopimda Lutim, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD, Kepala Kantor Kemenag Lutim, Muh. Yunus beserta jajaran, Ketua Baznas Lutim, H. Hamka, dan para Santri Santriwati dari seluruh Pesantren se-Kabupaten Luwu Timur.

Dalam arahannya, Bupati Budiman mengungkapkan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Penetapan 22 Oktober, kata Ia, merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

” Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” bebernya.

Budiman berpesan bahwa, Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

“Karena itu, saya mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia,” jelas Bupati Budiman.

” Saya patut menyampaikan terima kasih juga kepada seluruh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang hari ini sedang bersuka cita merayakan Peringatan Hari Santri 2023, Mari kita kepalkan tangan dan bersama-sama  mengucapkan: HARI SANTRI 2023, JIHAD SANTRI, JAYAKAN NEGERI,” tegas Budiman yang diikuti seluruh peserta Upacara.

Usai memimpin upacara, Bupati Luwu Timur menyerahkan kendaraan operasional dari Pemkab Lutim kepada Kementerian Agama Luwu Timur. Selain itu, juga dilakukan penyerahan bantuan pendidikan dari Baznas Lutim kepada siswa-siswi MTs dan MA se-Kabupaten Luwu Timur dan penyerahan Piala Juara Perkemahan Pramuka Madrasah (Perkasa) tingkat Penggalang Madrasah Ibtidayah se-Kabupaten Luwu Timur Tahun 2023.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan