25 Mei 2024, 10:35 am

Hindari Praktik Politik, Bantuan Beras CBP Baru Tersalur di Pattuku Limpoe Bone

Liputan : Tim batarapos.com/Yusri

Bone, Batarapos.com – Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) warga Desa Pattuku Limpoe, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone mendapatkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari Badan Pangan Nasional melalui perum Bulog.

Bantuan CBP tersebut disalurkan kepada KPM  di kantor Desa Pattuku Limpoe, dan terpantau ratusan masyarakat mengantri untuk mendapatkan bantuan beras 10 kg masing-masing per KPM Jumat, 23 februari 2024.

Pendamping Program Keluarga Harapan ( PKH ) A. Rusli yang langsung monitoring penyaluran tersebut membeberkan total keseluruhan KPM diwilayah dampinganya itu sebanyak 510 KPM.

” Bantuan Cadangan Beras Pemerintah ini sekaligus kita salurkan dua tahap, masing-masing KPM menerima 20 kg beras,”nkata A. Rusli.

Adapun daftar KPM itu merupakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bukan data Kementerian Sosial (Kemensos).

” Kami hanya monitoring penyaluran dan mencocokan data calon penerima seperti Nomor Induk Kependudukan NIK kartu keluarga peserta supaya tepat sasaran, dan ini bukan tugas pokok kami,” Lanjut pendamping PKH Desa Pattuku Limpoe.

A. Rusli juga menambahkan penyaluran bantuan CBP sebenarnya dilakukan sejak awal tahun kemarin, hanya saja bertetapan tahun politik akhirnya ditunda untuk menghindari indikasi praktik politik yang bisa saja dimanfaatkan oleh oknum tertentu di tengah masa Pemilu.

Dan juga menindak lanjuti surat edaran Badan Pangan Nasional yang ditanda tangani secara elektronik Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Dr. I Gusti Ketut Astawa, SSos, MM dengan Nomor :  117/TS.03.03/B/02/2024 perihal Penundaan penyaluran bantuan pangan beras pada masa tenang dan pemunungtan suara pemilu tahun 2024.

” Makanya kami sampaikan kepada pemerintah Desa kemarin untuk tidak disalurkan dulu kepada KPM,” terangnya.

Sementara Kades Pattuku Limpoe, Suriani tentunya sangat berterima kasih, atas bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Terlebih warganya yang berpenghasilan menengah kebawah.

” Dengan adanya bantuan Cadangan Beras Pemerintah ini, warga kami sangat terbantu terlebih KPM yang kurang mampu,” tambah Kades Pattuku Limpoe.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan