Husler Sumbang 100 Sak Semen Pembangunan Pura Tri Karma Yoga Kalaena

5

Kalaena, Batarapos.com – Ratusan umat Hindu di Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur menggelar ritual keagamaan upacara Piodalan Purnama Kapat atau disebut juga Pujawali untuk memperingati Hari Lahir Pura Tri Karma Yoga di Desa Kalaena Kiri, Minggu (13/10/19).

Upacara Piodalan ini juga dirangkaikan peletakan batu lanjutan pembangunan Pura Tri Karma Yoga oleh Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler didampingi Camat Kalaena, Alimuddin Bachtiar. Orang nomor satu dijajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ini juga menyumbang 100 sak semen untuk lanjutan pembangunan Pura tersebut.

Dalam sambutannya, Husler mengatakan, salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Luwu Timur yakni hibah bantuan rumah ibadah. Meski tidak seluruhnya, kata Husler, namun bantuan hibah ini diberikan untuk membantu masyarakat menyelesaikan rumah ibadahnya.

“Sepanjang ada proposalnya, Pemerintah daerah siap membantu karena ini memang program prioritas. Olehnya itu, panitia pembangunan segera masukkan proposalnya agar bisa dipersiapkan anggarannya,” kata Husler.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada umat Hindu yang aktif melaksanakan upacara-upacara keagamaan seperti ngenteg linggih, piodalan dan upacara keagamaan lainnya. Pemerintah Daerah, kata Husler, siap mendukung semua aktivitas keagamaan.

Terakhir, Husler juga menyampaikan selamat atas pelaksanaan Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat Kabupaten Luwu Timur di Desa Lakawali Kecamatan Malili yang berlangsung sukses. Ia juga kembali mengingatkan untuk mempersiapkan UDG Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang juga di pusatkan di Luwu Timur tepatnya di Desa Kertorahajo Kecamatan Tomoni Timur, November mendatang.

“Persiapkan dengan baik karena kita dipercaya sebagai tuan rumah UDG Provinsi Sulawesi Selatan di Kertorahajo,” ungkap Husler.

Sebelumnya kedatangan Bupati disambut Tari Pendet dan Tari Tombak persembahan anak- anak Pasraman Tri Karma Yoga. Tidak ketinggalan Tarian Rejang Renteng dan Tarian Rejang Sari persembahan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kecamatan Kalaena. Upacara Piodalan Purnama Kapat ini dipimpin oleh Ide Pandita Sri Mpu Buana Putra dari Griya Suci Batara Guru. (hms/ikp/kominfo)