20 Juli 2024, 9:29 pm

Ini Giat UPTD PKM Bone Pute Dalam Mensukseskan Program Peduliki Saya Jagaki

Luwu Timur, batarapos.com – UPTD Puskesmas Bone Pute Kecamatan Burau menggelar kegiatan Pengendalian Penyakit Prioritas (Kardiovaskular, Diabetes Melitus, Tuberculosis) serta Kebugaran Jasmani, bertempat di PKM Bone Pute, Rabu (05/07/2023).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Camat Burau, Hamril ini, diikuti oleh seluruh staf PKM Bone Pute, Kepala desa, Sekretaris Desa, Camat, Sekretaris Kecamatan, Penyuluh Pertanian dan PLKB kecamatan Burau.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan peregangan, berlari sejauh 1,6 km setelah itu di lanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan berupa deteksi hipertensi, deteksi gangguan jiwa, deteksi pendengaran dan pengelihatan, deteksi kardiovaskular, deteksi TB, deteksi asam urat, dan pemeriksaan IVA Sadanis. Kemudian di tutup dengan istirahat dengan mengonsumsi pangan non beras mengingat hari ini merupakan tanggal 5 Juli.

Kepala UPTD Puskesmas Bone Pute, Latifah Nurjannah, SKM. menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagian upaya untuk mendukung program bapak Bupati Luwu Timur yakni gerakan Peduli Ki saya jaga Ki setiap tanggal 5 dengan menyediakan pangan non beras.

“Adapun tujuannya ialah sebagai upaya pengendalian penyakit prioritas seperti kardiovaskular, diabetes melitus, tuberculosis serta untuk mengukur kebugaran jasmani bagi kelompok pekerja,” tutur Latifah.

“Kegiatan ini dilakukan karena tingginya kasus diabetes melitus, TBC, kardiovaskular di temukan di masyarakat. Sementara masyarakat tidak menyadari bahwa penyakit ini menjadi pembunuh nomor 1 serta dapat menjadikan masyarakat menjadi tidak produktif seperti cacat/kelumpuhan,” terang Kepala UPTD PKM Bone Pute.

Sementara Sekretaris Camat Burau, Hamril menyampaikan apresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan ini apalagi tujuannya juga untuk mensukseskan program bapak Bupati Luwu Timur, H. Budiman.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya hari ini dilakukan, tapi secara berkala dilaksanakan guna melakukan deteksi dini kesehatan masyarakat yang ada di Kecamatan Burau ini,” jelas Hamril.

Sumber : Humas/Kominfo-sp

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan