18 Juni 2024, 12:53 am

Kadis PMD Morowali Utara Tutup Bimtek Siskeudes

Liputan : Rudini

Makassar, batarapos.com  – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Morowali Utara, Andi Parenrengi, secara resmi menutup kegiatan pelatihan teknis pengelolaan dan penatausahaan keuangan desa, Sabtu 25 Mei 2024

Pelatihan yang berlangsung di Hotel Grand Asia Makassar diikuti 300 peserta yang terdiri dari para kepala desa, sekdes, bendahara dan perangkat desa lainnya se Kabupaten Morowali Utara.

” Kita patut bersyukur karena semua rangkaian kegiatan kita berlangsung sukses dan lancar,” ujarnya Andi Parenrengi

Penutupan itu turut dihadiri Staf Khusus Bupati Morut Viktor Tamehi, Sekretaris Dinas PMD Morut Charles Natanael Toha, para Camat dan I Made Adi Gaban Pangestu dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Andi Parenrengi mengharapkan agar sekembalinya ke desa masing-masing semua peserta pelatihan dapat menerapkan ilmu yang dipelajari dari para narasumber dan pembimbing.

Sesuai dengan tujuannya, pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan SDM para kepala desa dan perangkatnya dalam pengelolaan keuangan desa.

Dari hasil evaluasi Dinas PMD Morut diketahui bahwa kendala utama dalam pengelolaan keuangan desa antara lain karena kurangnya pemahaman pada masalah-masalah teknis dan SDM.

Menurut Kadis, ada lima komponen yang terkait dengan pengelolaan keuangan desa yakni perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

” Jika lima komponen ini telah dikuasai dan dijalankan dengan benar, pengelolaan keuangan desa dipastikan akan semakin baik dan desa semakin maju,” tambah Andi Parenrengi.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan