30 Mei 2024, 6:12 pm

KPPS Sebut Kotak Suara Dibuka di Kantor Desa Wewangriu, Warga Minta Sembilan TPS Dibuka Saat Rekapitulasi di PPK

Liputan : Tim batarapos.com

Luwu Timur, batarapos.com – Warga Desa Wewangriu, kecamatan Malili, kabupaten Luwu Timur meminta kepada penyelenggara Pemilu untuk membuka kembali kotak suara di 9 TPS Desa Wewangriu.

Selain meminta agar kotak suara dibuka saat rekapitulasi suara di tinggkat PPK, warga juga akan melayangkan protes ke Bawaslu Luwu Timur terkait dugaan kecurangan Pemilu pada 14 Februari 2024.

Khusus di Desa Wewangriu, Ikbal menilai pembatalan 31 surat suara di TPS 02 tidak wajar, selain itu, warga juga menemukan adanya dugaan pembukaan kotak suara di tingkat PPS atau di aula kantor Desa Wewangriu saat kotak suara dipindahkan dari TPS ke PPS.

Ikbal meminta Bawaslu dan PPK Malili Membuka kotak suara dan dilakukan perhitungan suara ulang bagi Caleg kabupaten jika giliran Desanya dilakukan perhitungan suara di sembilan TPS yang ada di Desa Wewangriu.

” Saya yakin bahwa dugaan kecurangan di beberapa TPS di Desa kami akan ketahuan saat kotak Suara dibuka, sehingga kami meminta agar kotak suara dibuka saat rekapitulasi di kecamatan,” Ujar Ikbal.

Ikbal menegaskan bahwa, jika permintaan perhitungan suara ulang ditingkat PPK tidak dilakukan maka aksi protes akan dilayangkan ke Bawaslu Luwu Timur.

” Jlika Panwas, PPK dan PPS maupun pihak yang terlibat dalam penghitungan ditingkat kecamatan tidak membuka kotak suara yang ditengarai bermasalah patut kami menduga terjadi kecurangan yang terstruktur,” Tegas Ikbal.

Sementara MK Warga Desa Wewangriu mengungkapkan bahwa saat Kotak suara dipindahkan di Aula kantor Desa Wewangriu dari TPS, terdapat beberapa orang yang mengerjakan perbaikan Data administrasi.

” Bahkan saat saya ingin masuk ke kantor Desa dilarang dan saya mendengar ada yang meminta segel kotak suara,” Ungkap MK.

Kesaksian MK diperkuat oleh salah seorang anggota KPPS yang bertugas di TPS 05 Desa Wewangriu membenarkan ada kegiatan buka kotak suara saat di aula kantor Desa, dan dugaan kotak suara tidak tersegel saat bergeser dari TPS ke kantor Desa atau PPS.

” Benar pak beberapa kotak suara dibuka di Aula kantor Desa, kecuali Kotak di TPS 05 Tersegel di TPS sebelum dipindahkan ke kantor Desa,” Katanya meminta agar identitasnya tidak disebutkan.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan