29 Mei 2024, 7:51 am

Kubah Masjid di Makassar Runtuh Saat Tarawih, 11 Jemaah Terluka

Makassar batarapos.com, – Kubah Mesjid Ittifaqul Jamaah, Jalan Barukang 1 Kelurahan Pattingalloang Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulsel. Runtuh menimpa sedikitnya 11 Jamaah didalamnya saat melaksanakan Shalat Tarawih. Minggu, 26/3/2023 pukul 19.30 WITA.

Menurut masyarakat setempat keberadaan masjid ini sudah tua dimana sering dipergunakan oleh masyarakat untuk menunaikan shalat secara berjamaan setiap hari.

“Kubah yang runtuh itu sangat besar dan posisinya berada ditengah – tengah, tahun pembuatannya kira-kira masih di Tahun sekitar 1967. Tetapi sudah beberapa kali telah direnovasi”, ungkapnya.

Runtuhnya kubah tersebut kata dia, karena sudah termakan usia. Selain kubah, betonnya juga turut amblas runtuh kebawah dan menimpa sejumlah jemaah yang sedang melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah.

“Untung saja saat kejadian sebelum Shalat Tarawih dilakukan. Saat itu Ustads yang akan berceramah baru saja naik ke atas mimbar dan mengucapkan beberapa kata-kata dan terjadilah peristiwa tersebut”, paparnya.

Didalam mesjid tempat kubah terpasang yang berukuran kurang lebih panjang maupun lebar masing-masing tiga meter lebih. Dan terdapat plafon dibawahnya sehingga pada saat runtuh menghantam plafon tersebut terlebih dahulu.

“Runtuhnya kubah tidak ada yang menyadari karena besar mungkin pecahan beton (tanda-tanda runtuh red) menyangkut diatas plafon. Nanti saat beton beserta kubahnya jatuh barulah semua kaget”, terangnya salah satu masyarakat yang turut menyaksikan detik-detik terjadinya peristiwa tersebut dan berada didalam mesjid.

Saat peristiwa kejadian tersebut terjadi, beberapa jemaah berada dibawahnya sedang duduk bersila untuk mendengarkan ceramah, diantaranya orang tua, remaja serta anak-anak. Dan ada pula yang sedang berjalan melintas.

Hal ini juga diungkapkan salah satu korban bernama Ansar (39) yang ditemui dirumah sakit dirumah sakit RSAL Jala Ammari Jalan Satando No 27 Makassar. Dengan kondisi mengalami luka cukup parah pada bahagian kepala dan harus dijahit. Begitupun pada bahagian sekucur tubuhnya dan harus dirawat inap.

“Saat itu saya baru saja selesai mengambil air wudhu dan melintas diarea reruntuhan. Saat berjalan langsung tiba-tiba ada reruntuhan dari atas. Dan saya langsung menarik tiga anak kecil kemudian memeluk dan melindunginya dari reruntuhan. Sehingga saya yang terkena reruntuhan batu beton dari atas tersebut dan mengenai belakang serta kepala saya”, jelas Ansar.

Salah seorang jemaah bahkan dilihatnya berada ditengah saat itu, juga langsung tertimbun reruntuhan, kepalanya bahkan tidak lagi kelihatan. Disangkanya tidak ada orang dalam reruntuhan tersebut.

“Cukup ngeri mengingat kejadian itu, yang tiba-tiba saja terjadi dan berlalu menimpa saya dan yang lainnya tanpa terlihat tanda-tanda sebelumnya”, ucapnya.

Masyarakat yang berada diluar area Mesjid Ittifaqul Jamaah saat kejadian mengetahui ada peristiwa yang terjadi didalam mesjid, karena mic mesjid sempat terjatuh dan terdengar suara gemuruh yang sampai terdengar keluar.

Dari lokasi runtuhnya kubah Mesjid Ittifaqul Jamaah, aparat kepolisian telah memasang Police Line. Begitupun dengan sejumlah masyarakat atau pengurus mesjid terlihat turut membersihkan serta mengangkat bekas-bekas reruntuhan yang telah roboh serta telah dikeluarkan dari dalam area mesjid.

Rata-rata para koban mengalami luka berat pada bahagian kepala dan mendapat jahitan, ada diantaranya harus dilakukan tindakan operasi karena mengalami patah tulang pada jari kaki.

Adapun indentitas para korban yang mengalami luka ringan maupun luka berat serta harus mendapat perawatan pada sejumlah tempat rumah sakit atas runtuhnya kubah Mesjid Ittifaqul Jamaah Kota Makassar diantaranya :

1. Makmur Rewa (laki-laki)
umur 60 thn
Dievakuasi di RS. Akademis

2. Fikri S.( laki-laki)
Umur 19 thn
Alamat Jalan Bolu di Pkm Pattingalloang
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

3. Manrapi ( laki-laki)
Umur 70 thn
Alamat Jalan Bolu
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

4. Ansar (laki-laki)
Umur 39 thn
Alamat Jalan Bolu
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

5. Akbar (laki-laki)
Umur 40 thn
Alamat Jalan Barukang 2
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

6. Asri (laki-laki)
Umur 20 THN
Alamat Jalan Barukang 3
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

7. Sangkala (laki-laki)
Umur 60 thn
Alamat Jalan Barukang 3
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

8. Muh. Alwi (laki-laki)
Umur 35 thn
Alamat Jalan Bolu
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

9. Adil Pratama Mandala (laki- laki)
Umur 10 thn
Alamat Jalan Barukang No.30
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

10. Hasan (laki-laki )
Umur. 44 thn
Alamat Jalan Barukang 1
Dievakuasi di RS Jala Ammari AL

11. Eka Yusuf( laki- laki)
Umur 17 thn
Alamat Jalan Barukang

Tim batarapos.com/Zul

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan