Lestarikan Budaya, Bupati Apresiasi Kreativitas Pemuda Towuti

3

Luwu Timur, Batarapos.com – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Towuti (KOPI) menggelar pentas seni dan budaya. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler , Jum’at (11/10/19).

Ketua Panitia, Andi Tenri mengatakan, pentas seni dan budaya tersebut dengan tujuan untuk melestarikan budaya yang ada di daerah ini dan juga untuk lebih meningkatkan minat anak-anak untuk mempelajari budaya daerah.

“Kami menggelar festival ini karena kami ingin berusaha merawat warisan budaya pendahulu kami,” ujar Andi Tenri.

Andi Tenri juga mengungkapkan bahwa, kegiatan yang digelar berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 11 -12 Oktober 2019, dimeriahkan beberapa kegiatan antara lain Pameran Budaya, Pameran Seni Kontemporer, Theater Kare (Langkanae), Pameran Benda Pusaka, Aransemen Musik Daerah serta Orasi Daerah dan Tari tarian.

“Selain pertunjukan seni dan budaya, rangkaian kegiatan yang bertajuk “Budaya Ta” dimeriahkan dengan berbagai macam tarian lokal serta pameran yang dipusatkan di Lapangan Tennis Wawondula Kecamatan Towuti,” kata Andi Tenri lebih rinci.

Respon positif tersebut langsung disampaikan oleh Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler saat membuka kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan Pentas Seni dan budaya merupakan agenda positif yang digelar Komunitas Pemuda Towuti.

“Saya sangat mendukung penyelengaraan kegiatan ini, karena merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian pemuda untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya,” ujarnya bangga.

“Yang jelas, sebagai Pemerintah daerah, sangat mengapresiasi pemuda-pemuda yang mengisi hari harinya dengan kegiatan kegiatan positif,” sambungnya.

Dikesempatan tersebut, Bupati juga menekankan agar dinas terkait bersinergi dan berperan aktif mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan seni dan budaya di masyarakat.

Usai membuka kegiatan, Bupati Luwu Timur yang didampingi Kadia Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, H. Hamris Darwis dan Camat Towuti, Alimuddin Nasir, menyempatkan diri mengunjungi stan-stan pameran yang tak tak jauh dari lokasi acara pembukaan. (hms/ikp/kominfo)