Luwu Timur Raih Penghargaan APE Kategori Utama Ketiga Kalinya

28

 

Luwu Timur, batarapos.com – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama tahun 2020. Penghargaan ini diserahkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) yang ditandatangani oleh Menteri P3A, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan diterima oleh perwakilan Dinas Sosial, P3A Kabupaten Luwu Timur.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengungkapkan rasa syukur dengan diraihnya APE Tingkat Utama. Kabupaten Luwu Timur dianggap berkomitmen dan telah berupaya serius melaksanakan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (P3A) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG) ataupun peduli terhadap kesetaraan gender.

Dia mengungkapkan, penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” ujar Budiman, Senin (27/09/2021).

“Alhamdulillah, kami mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Karena kita memiliki komitmen penuh terhadap pengarusutamaan gender,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kabupaten Luwu Timur telah menerima dua kali kategori Utama yakni di tahun 2016 dan 2018, dan ini merupakan yang ketiga kalinya secara beruntun dengan kategori yang sama juga yakni UTAMA.

Untuk itu, saya berharap tahun depan kita bisa meraih kategori Mentor. Dari sisi kebijakan untuk mendukung Parahita Ekapraya itu ada peningkatan setiap tahunnya,” jelas Bupati Luwu Timur, H. Budiman yang didampingi Kepala Dinas Sosial, P3A Kabupaten Luwu Timur, Sukarti.

“Penilaian Parahita Ekapraya tahun 2020 baru dilakukan pada Maret 2021 ini, mengingat pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2020 lalu. Jadi, penilaiannya dilakukan secara virtual dan hasilnya Alhamdulillah memuaskan,” ungkap Budiman.

Menurutnya, Komitmen Luwu Timur tertuang dalam kebijakan, mulai dari penganggaran, program kegiatan dan lainnya. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah menerapkan kebijakan pengarusutamaan gender.

InsyaAllah penyerahan penghargaan tersebut, secara resmi akan dilakukan oleh Menteri P3A RI kepada Bupati yang akan dilaksanakan tanggal 13 Oktober 2021 secara Virtual di Kabupaten/kota masing-masing. (hms/ikp/kominfo)

SebelumnyaDokter Gigi Pecahkan Rekor Nilai Tertinggi Pada Hari Kedua Tes CPNS di Luwu Utara, Ini Rahasia Suksesnya !
SelanjutnyaTemukan Modus Korupsi dan Mafia Sistem Double Bayar di BUMN, Pekat IB Lapor ke KPK