Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran di Desa Baloli Luwu Utara

4

Masamba, batarapos – Memeriahkan lebaran haji kali ini yang jatuh pada esok 11 Agustus 2019,Tradisi pawai obor masih dipertahankan untuk menyemarakkan malam Hari Raya Idul Adha didesa Baloli kecamatan Masamba kabupaten Luwu Utara. Malam (10/8/2019).

Sekitar 500 peserta meramaikan pawai obor didesa Baloli Kecamatan Masamba, Peserta berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa KKN serta masyarakat umum.

Pawai Obor yang digelar cukup memukau perhatian warga yang dilintasi dengan mengumandangkan takbir dan melantunkan syair islami, dengan bunyi-bunyian.

Pawai obor ini cukup menarik karena peserta tidak hanya generasi muda, tetapi juga para orang tua. Bahkan banyak peserta berusia lanjut yang dengan semangat berjalan kaki menyusuri rute pawai obor yang sudah ditetapkan panitia. “kata Pjs kepala desa Baloli.

Rosmiati mengatakan bahwa sudah jauh hari telah dipersiapkan oleh para panitia yang dibantu oleh mahasiswa KKN, dan tahun sebelumnya juga sudah di gelar pawai obor ini dan disambut antusias ratusan warga desa baloli. “terangnya.

“Ia berharap, dengan dukungan pemerintah daerah kabupaten Luwu Utara dan semua pihak agar tradisi ini bisa terus kita lestarikan. “harapnya.

Bahkan kami berharap dengan pawai obor ini menjadi bagian agenda wisata di permandian desa baloli kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara, apalagi di bulan Oktor 2019 akan dilaksanakan kegiatan Pramuka Se-Sulawesi -Selatan di desa Baloli. “Kata Rosmiati. (Drs)