Puluhan Orang di Mangkutana Dilarikan ke Puskesmas, 2 Dirujuk ke RSUD I Lagaligo

6117

 

Luwu Timur, batarapos.com – Puluhan orang dari Desa Teromu Kecamatan Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur dilarikan ke Puskesmas Mangkutana, Senin (19/4/21), sejak siang tadi hingga malam ini

Mereka yang dilarikan ke Puskesmas Mangkutana mengeluhkan sakit perut setelah menghadiri acara pemakaman warga di Dusun Mangkutana, Desa Teromu, Minggu (18/4/21).

Masih banyak warga lainnya yang mengeluhkan sakit perut dan buang air besar (diare), namun memilih merawat diri di rumah, ada pula yang masih sementara dilarikan ke Puskesmas.

“Sudah puluhan orang warga yang sakit perut dilarikan ke puskesmas, ada juga dirujuk ke RSUD I Lagaligo, sebagian sudah ada yang dipulangkan” Kata Ginanjar keluarga pasien.

Kepala Puskesmas Mangkutana (Wa Ode Ferliani) mengungkapkan bahwa warga yang mengeluhkan sakit perut usai makan di pesta.

“Kalau kita mau pastikan bahwa dari makanannya itu harus lewat laboratorium tapi makanannya juga sudah tidak ada, bisa jadi menu yang diolah tadi dari segi sanitasinya atau bahan makanan yang mereka olah belum terlalu matang” ungkap Wa Ode Ferliani.

Hingga malam ini sudah ada 20 orang yang dilarikan ke Puskesmas, 2 orang dirujuk ke RSUD I Lagaligo.

“Pasien sudah dua puluh orang, dirujuk ke Rumah Sakit dua orang sebagian dikasih obat sama dokter sudah pulang sebagian lagi masih dirawat di Puskesmas” Kata Kepala Puskesmas Mangkutana.

Kepala Puskesmas Mangkutana kepada warga berpesan agar warga tetap menjaga kebersihan untuk menghindari penyakit diare.

“Selalu waspada dengan penyakit Diare karena bila kita kekurangan cairan yang bisa membuat fatal, selalu menjaga kebersihan apalagi mengolah makanannya betul-betul diharapkan kebersihan dijaga dan menggunakan air yang bersih dalam menu kita sehari hari apalagi dalam memberikan makanan pada orang banyak harus dijaga Higienes” Pesan Kapus. (Mus).

SebelumnyaBerikut Jumlah Bantuan Benih Padi dan Jagung Tahun 2021 di Luwu Timur
SelanjutnyaRapat Persiapan HUT Luwu Utara, Sekwan : Semoga Terlaksana Dengan Baik