18 Juni 2024, 1:58 am

Ratusan Perangkat Desa dari Morowali Utara Bimtek Siskeudes di Makassar

Liputan : Rudini

Makassar, batarapos.com – Sekitar 300 kepada desa, sekretaris desa dan perangkat desa lainnya di Kabupaten Morowali Utara mengikuti bimbingan sekaligus praktek pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes (sistem keuangan desa) Jumat (24/5/2024).

Materi tersebut merupakan topik hari kedua pelaksanaan Pelatihan Teknis Pengelolaan dan Penatausahaan Keuangan Desa yang dilaksanakan Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri di hotel Grand Asia Makassar.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber I Made Adi Gaban Pangestu dari Direktorat Fasilitasi Perencanaan, Keuangan dan Aset Pemerintah Desa Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri.

Peserta mengikuti pelatihan dengan menggunakan laptop masing-masing sambil mengikuti bimbingan pelatih melalui tiga layar lebar dalam ruangan.

Sambil memberi bimbingan teknis, I Made Adi Gaban Pangestu mengemukakan aplikasi Siskeudes sangat penting dipahami karena mengakomodasi proses pengelolaan keuangan, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan.

Ia mengingatkan, penggunaan aplikasi Siskeudes ini merupakan keharusan karena pengelolaan pelaporan keuangan desa saat ini sudah beralih ke digitalisasi (online).

Hal yang sama disampaikan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Morowali Utara, Charles Natanael Toha.

Ia mengemukakan, pelatihan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan pemahaman aparatur pemerintahan desa tentang pengelolaan keuangan desa, serta meningkatkan keterampilan praktis dalam penyusunan APBDes, akutansi dan pelaporan keuangan desa.

” Pelatihan ini sangat teknis karena terkait pengelolaan keuangan desa. Para operator keuangan di desa wajib menguasai semua sistem dan aplikasi yang digunakan,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan