Sufriaty Budiman Buka Bimtek Penguatan Guru PAUD Se-Lutim

44

Luwu Timur, batarapos.com – Ratusan Kepala Sekolah PAUD di Luwu Timur mengikuti Bimtek Penguatan Guru PAUD yang dilaksanakan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Luwu Timur di Aula Dinas Pendidikan, Kamis (28/10/2021) kemarin.

Bimtek Penguatan Guru Paud yang bertema ‘”Peran Bunda PAUD Dalam Mewujudkan PAUD +HI yang Berkualitas Menuju Generasi Emas” ini dibuka langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman didampingi Kepala Bidang PAUD dan PNF Kabupaten Luwu Timur, Orbanus Tiranda dan Pemateri dari Pemerhati Anak, Nurhasanah, Bunda Paud kecamatan dan para peserta bimtek.

Ketua IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) Kabupaten Luwu Timur, Saidah Saleng dalam laporannya mengatakan bahwa, tujuan bimtek Penguatan Guru Paud ini adalah untuk mewujudkan profesional guru Paud melalui peningkatan inovasi dan kreatif.

Hasil yang ingin dicapai setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan guru mampu menentukan tujuan pembelajaran, membuat proses pembelajaran yang memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik serta menentukan evaluasi terhadap pembelajaran yang dilakukan,” ungkapnya.

Ia melaporkan bahwa, jumlah guru Paud yang ada di Luwu Timur sebanyak 639 orang dan jumlah lembaga sebanyak 185, dan yang mengikuti bimtek kali ini adalah para kepala sekolah Paud.

Kami atas nama pengurus guru Paud juga mengucapkan terimakasih kepada Bunda PAUD atas kepeduliannya berkunjung di Taman Kanak-Kanak. Mari kita bersama-sama mewujudkan Paud Luwu Timur menjadi Paud berkualitas yang memiliki guru profesional dan memiliki inovasi untuk kemajuan lembaga kita,” ujar Saida Saleng.

Bunda PAUD Luwu Timur, Hj. Sufriyati Budiman dalam sambutannya mengatakan, bimtek Peningkatan Kapasitas Pendidik implementasi PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

Dan tujuan khusus dari PAUD HI adalah meningkatkan pemahaman Pendidik PAUD terhadap konsep PAUD HI, meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD dalam mengimplementasikan PAUD HI pada satuan PAUD, meningkatkan sinergi Pendidik PAUD dengan keluarga dalam implementasi PAUD di rumah, dan meningkatkan sinergi dan kerjasama Pendidik PAUD dengan lintas lembaga dalam implementasi PAUD HI,” ujar Sufriyati Budiman.

PAUD, lanjutnya, memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia. PAUD wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan memiliki daya saing tinggi. Dan Untuk mewujudkan tata kelola PAUD secara Holistik Intergratif di perlukan kerjasama yang baik antara pihak sekolah, pihak keluarga/wali murid, Pemerintahan agar tujuan dari pembelajaran PAUD Holistik Integratif bisa terwujud.

Hj. Sufriyati Budiman juga mengatakan bahwa, sebagai Bunda PAUD agar dapat mengoptimalkan peranan Bunda PAUD sebagai sosok panutan atau figur dan Tokoh utama yang bekerja sebagai pendukung yang dapat menunjukkan kepedulian kepada Pendidikan Anak Usia Dini dan juga sebagai penggerak masyarakat, peranan Bunda PAUD sangat mendesak dan sangat dibutuhkan dalam menggerakkan semua pihak. “Melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam mendukung Satuan PAUD untuk melakukan upaya penguatan pembelajaran terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini,” imbuhnya.

Terakhir Bunda PAUD Luwu Timur berharap semoga melalui kegiatan Bimtek tersebut dapat memberikan pengetahuan bagi Tenaga Pendidik PAUD bahwa Anak tidak hanya diberikan dalam satu bidang pendidikan saja tapi bagaimana kita mengembangkan kemampuan Intelektual bagi si Anak tersebut. (hms/ikp/kominfo)

SebelumnyaMaju Di Pilkades Serentak, Ini Visi Misi Tajuddin Untuk Masyarakat Desa Padaelo
SelanjutnyaPeringati Hari Sumpah Pemuda, SMPN 1 MANGKUTANA Berbagi Sembako