Tanggapi Aspirasi Masyarakat, Lapak Semi Permanen Pasar Bengo Ditertibkan

9

Bone, batarapos.com – Sejumlah lapak yang berdiri diluar bangunan pasar milik para pedagang di pasar Rakyat Bengo, Desa Bengo, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, akhirnya dibongkar oleh pemiliknya. Kamis (17/9/2020).

Bangunan seadanya yang terbuat dari kayu berukuran sekitar kurang lebih 2×3 meter dengan bentuk bervariasi pula, berada persis diluar area pasar atau lebih tepatnya dilahan tempat parkiran kendaraan ini disinyalir biang kemacetan.

Saat hari pasar tiba, akses jalan poros Bone-Makassar ini kerap terjadi kemacetan akibat minimnya lahan parkir. Para pemilik kendaraan khususnya roda empat bahkan sebahagian terpaksa menggunakan bahu jalan sebagai tempat parkir hingga menimbulkan kemacetan.

“Sebenarnya itu lokasi parkir kendaraan (Sambil menunjuk lapak yang sementara dibongkar). Tapi (sebahagian), pedagang najadikan lapak untuk jualan makanya tidak ada ditempati parkir (kendaraan)”, beber pedagang.

Padahal, sebahagian besar pedagang yang mendirikan lapak diluar pasar itu sudah memiliki tempat tersendiri didalam pasar, namun mereka lebih cenderung berjual diluar.

Adaji sebenarnya losnya didalam, tapi mereka lebih memilih berjualan disitu (Lahan parkir)”, tambah pedagang lainnya yang menolak dipublikasikan identitasnya.

 

Sementara itu, Camat Bengo Andi Rahmatullah dalam dikonfirmasi kepada batarapos.com membeberkan dimana pembongkaran tersebut berdasarkan dari aspirasi sejumlah masyarakat yang mengeluh dengan keberadaan lapak diluar pasar.

Jadi Minggu lalu itu ada aspirasi masyarakat tentang kemacetan yang selalu terjadi dipasar Bengo. Aspirasi masyarakat itu dibawah ke DPRD Kabupaten Bone, setelah dicek dilokasi bersama Dinas terkait ternyata betul. Penyebab kemacetan lantaran banyak pedagang keluar meninggalkan losnya didalam”, tutup Camat Bengo Andi. Rahmatullah.

Pembongkaran lapak tersebut disaksikan langsung oleh anggota DPRD Kabupaten Bone Komisi II fraksi partai Nasdem, Dinas Perdagangan, Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Perhubungan, pemerintah Kecamatan Bengo, Kepala Desa Bengo, Kapolsek Lappariaja, Danramil, Satuan Polisi pamong praja, Babinsa dan Babinkamtibmas. (Yusri)