Tuntut Penyelesaian Program Air Bersih, Masyarakat Towuti Lakukan Aksi Damai

10

 

Towuti, Batarapos.com- Ratusan masyarakat kecamatan Towuti melakukan demonstrasi disimpang tiga Enggano, kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Rabu (11/9/19).

]

Aksi yang dilakukan mengakibatkan puluhan kendaraan yang mengangkut karyawan PT Vale dan kontraktornya, harus tertahan karena dihadang oleh para peserta aksi.

Aksi damai yang dilakukan masyarakat Towuti ini dikawal oleh puluhan aparat kepolisian yang terlihat berjaga-jaga dan mengantisipasi, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Adapun tuntutan para demonstran yang kecewa terhadap managemen PT Vale (eksternal relation), yang dinilai kurang merespon dan bertindak cepat dalam melakukan penyelesaian Program air Bersih dikecamatan Towuti.

“Kami berharap agar managemen PT Vale, mau mendengar aspirasi kami sebagai masyarakat yang kecewa atas kesulitan kami terhadap air bersih”.ungkap salah satu peserta aksi.

Menanggapi aksi tersebut, camat Towuti Alimuddin Nasir, mengambil inisiatif untuk mengajak para demonstran untuk menyelesaikan masalah tersebut diaula kantor camat Towuti.

Dalam negosiasi yang dihadiri oleh Camat Towuti. Drs Alimuddin Nasir, managemen PT Vale. Gunawardana Vinyaman, Danramil Nuha. Kapt. Inf. Dahlan, Kapolsek Towuti. AKP. M. Wemben S.sos, serta perwakilan masyarakat dan peserta aksi disepakati beberapa poin yang menjadi tuntutan masyarakat.

Adapun bunyi kesepakatan, selain pendistribusian, perbaikan jaringan, penambahan volume, dan pembangunan intake. Juga disepakati tentang pengerjaan proyek pipa dari desa Baruga, dan tujuh desa lainnya harus dilaksanakan oleh kontraktor nasional yang kompeten dan profesional.

Hingga berakhirnya negosiasi tersebut, pihak managemen PT Vale, pemerintah kecamatan, dan masyarakat terlihat menandatangani berita acara yang menjadi kesepakatan bersama. (AR)