UPT Puskesmas Koppe Melakukan Penyuluhan Serta Pembinaan Pospindu, Ini Tujuannya !

74

Bone, Batarapos.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Koppe melakukan Deteksi Dini, faktor resiko penyakit tidak menular kepada warga Dusun Matango, Selasa (30/7/19).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Desa Tungke, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, tidak lain untuk melakukan pemeliharaan kesehatan secara rutin kepada masyarakat.

Hal ini diutarakan Ernawati SKM, selaku (promosi kesehatan) menuturkan, ada tiga kegiatan yang dilakukan hari ini yaitu, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), Usila serta  penyuluhan kepada masyarakat.

“Adapun tujuan utama kegiatan Posbindu PTM untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencerahan dan penemuan dini faktor resiko PTM,” ucapnya.

Sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun keatas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko, maupun masyarakat dengan kasus penyakit tidak menular PTM.

Selanjutnya  untuk kegiatan Posyandu Lansia (Usila) tidak lain untuk meningkatkan kesejahtraan lansia, baik fisik maupun psikologi. Melalui kegiatan posyandu, lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat. Memberikan konseling kepada warga Lanjutan Usia (Lansia) diatas umur 45 tahun keatas, serta melakukan pemeriksaan.

“Setelah melakukan pemeriksaan, dan menemukan gejala resiko, kami langsung melakukan rujukan ke Puskesmas,” ucap Ernawati.

Adapun penyuluhan yang dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar perubahan perilakunya bisa hidup lebih sehat.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi ke Puskesmas, disini kita langsung melakukan pemeriksaan serta memberikan obat secara gratis,” tambahnya.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan disetiap Dusun, setiap Desa, di Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, dan hari ini terlaksana di Dusun Matango. “Alhamdulillah respon masyarakat begitu antusias,” tutup Ernawati. (Yusri)

SebelumnyaJabat Kembali Kades Dua Periode, Tokoh  Masyarakat Bontoujung, Siap Dukung Sarro Rimbu
SelanjutnyaDiduga Gunakan Material Ilegal, Polres Luwu Timur Lidik Proyek Jembatan Kasintuwu