Wakil Bupati Luwu Utara Resmikan Pamsimas di Desa Pombakka

31

Luwu Utara, batarapos.com – 60 Kepala Keluarga di Desa Pombakka, Malangke Barat, menjadi penerima program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Program Pamsimas ini diresmikan Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, Jumat (11/6/2021) kemarin.

Peresmian dirangkaikan dengan serah terima program dari Tim Pamsimas kepada Wabup Lutra, Suaib Mansur, selaku pemerintah daerah, yang selajutnya diserahkan kepada Kepala Desa (Kades) Pombakka selaku perwakilan pemerintah desa untuk dikelola lebih lanjut.

Ditemui usai meresmikan program Pamsimas, Wabup Suaib Mansur mengaku bersyukur atas selesainya program Pamsimas di Desa Pombakka.

Alhamdulillah, tadi kita sudah resmikan dan saksikan bersama bahwa air itu sudah sampai ke rumah-rumah penduduk,” ucap Suaib.

Ia mengatakan, “Air tersebut sudah memenuhi syarat kesehatan, yaitu tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau,” terangnya.

Di desa Pombakka sendiri terdapat tiga titik sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan airnya.

Secara topografi, kita dikelilingi oleh sumber-sumber air, namun tidak semua air itu bisa dikonsumsi langsung dan sehat, sehingga kehadiran program ini adalah wujud komitmen bersama untuk menuntaskan layanan dasar masyarakat terkait air minum,” jelasnya.

Pamsimas dibiayai melalui DAK-Penugasan yang kerjasamanya melibatkan partisipasi warga, pemerintah desa dan pemerintah kabupaten. Pamsimas menyasar penyediaan air bersih dan sanitasi dengan tujuan meningkatkan perilaku warga untuk hidup bersih dan sehat. (Deddi)

SebelumnyaPartai UKM Indonesia Gencarkan Sosialisasi Lewat Media Sosial dan Media Online
SelanjutnyaHalal Bi Halal PKK, Bupati Budiman : Jaga Silaturahmi Sesama Organisasi Wanita