iklanvale-bawahheader(mob)

Warga Luwu Timur Kecewa, Rapid Test Massal Hanya Isapan Jempol

Luwu Timur, batarapos.com – Ratusan bahkan ribuan masyarakat Kabupaten Luwu Timur kecewa, pasalnya informasi rapid test massal disemua Puskesmas di Luwu Timur hanya isapan jempol.

Pagi tadi, masyarakat dimasing-masing kecamatan mendatangi Puskesmas untuk melalukan rapid test massal “gratis” namun harapan itu hanya menjadi isapan jempol, pasalnya rapid test yang diumumkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Luwu Timur hanya diperuntukkan bagi ibu hamil bukan untuk seluruh masyarakat pada umumnya.

“Kami sangat kecewa, kami sudah datang pagi-pagi dengan harapan bisa rapid test sebagaimana yang diumumkan oleh pemerintah Kabupaten Luwu Timur tadi malam, ternyata hanya untuk ibu hamil saja” Keluh warga, saat ditemui di Puskesmas Wotu.

Warga juga berharap agar pemerintah saat akan mengeluarkan pengumuman agar diperjelas.

“Tolong pemerintah kalau keluarkan pengumuman yang jelas saja, jangan buat bingun masyarakat, sudah cukup kita waspada hadapi corona virus ini, jangan lagi umunkan berita tidak jelas begini, ini bisa saya katakan berita hoax yang disebar oleh Pamkab Luwu Timur” Harap warga.

Ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Wotu saat dikonfirmasi turut bingung dengan adanya informasi atau pengumuman yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Covid-19.

“Saya juga bingung pak, kita mau lakukan rapid seperti apa ini, alat rapid test saja tidak ada, yang ada sekarang di Puskesmas itu alat rapid test untuk ibu hamil itupun tidak seberapa jumlahnya, tadi pagi warga banyak datang mau rapid tapi kami hanya jawab kalau alat tidak ada, jadi kami hanya buatkan surat keterangan sehat untuk perjalanan warga keluar daerah, dan saya rasa semua PKM di Luwu Timur tidak ada yang lakukan rapid test massal hari ini” Ungkap Kepala Puskesmas Wotu (Suharto SKM,M.Kes).

Adapun rilis pengumuman yang dikeluarkan oleh Jubir TGTPP (Kadis Kominfo) malam tadi, Senin (1/6/2020) yang dikutip dari portal resmi Dinas Kominfo Luwu Timur.

“Bagi masyarakat Luwu Timur yang membutuhkan layanan rapid tes, silahkan ke puskesmas masing-masing karena mulai besok akan digelar Rapid Tes Massal. Untuk jamnya, menyesuaikan dengan PKM,” kata Masdin, Senin (01/06/2020).

Mantan Camat Nuha inipun menegaskan bahwa layanan Rapid Tes yang akan di gelar besok tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. “Layanan Rapid Tes Massal ini GRATIS yah, jangan bayar jika dimintaki uang,” tegas Masdin.

Untuk persyaratan, sambungnya, warga harus berdomisili di Kabupaten Luwu Timur yang dibuktikan dengan menunjukkan KTP.

“Ingat, bawa KTP ta’ besok agar bisa mengikuti rapid tes, namun jika blm memiliki KTP, silahkan membawa Surat Keterangan telah merekam KTP-el dari Disdukcpail Lutim” pesan Masdin. (HS).

Vale Idul Fitri
Jangan Lewatkan
Komentar
Loading...