18 Juni 2024, 1:30 am

Wujud Peduli Keamanan, Sat Lantas Polres Luwu Utara Koordinasi Pembentukan PKS di SMPN 4 Masamba

Liputan : Dedi

Luwu Utara, batarapos.com – Unit Kamsel Sat Lantas Polres Luwu Utara mengadakan kegiatan koordinasi untuk pembentukan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di SMPN 4 Masamba, di Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Senin (3/6/2024).

Kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah SMPN 4 Masamba, Mirdan, dan Guru Kesiswaan, Neli, sebagai sasaran utama koordinasi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk tim PKS di SMPN 4 Masamba, menerima peserta PKS, mengatur jadwal latihan dan pelaksanaan kegiatan PKS, untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah.

Unit Kamsel Sat Lantas Polres Luwu Utara yang dipimpin oleh Ps. Kanit Kamsel, Aiptu Made Sunaya, bersama dengan Briptu Wahyuni S. dan Briptu Nila Sari, bertugas dalam kegiatan ini.

Mereka berdiskusi dengan pihak sekolah mengenai langkah-langkah yang akan diambil untuk membentuk dan melatih anggota PKS.

Dalam diskusi ini, Kepala Sekolah Mirdan dan Guru Kesiswaan Ibu Neli memberikan masukan dan menyampaikan kebutuhan serta harapan mereka terkait pembentukan PKS.

Pembentukan PKS di SMPN 4 Masamba merupakan bagian dari upaya Sat Lantas Polres Luwu Utara untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah.

“Program ini diharapkan dapat membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal keamanan, sehingga mereka dapat berperan aktif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif,” harap Mirdan.

Sementara, Kasat Lantas Polres Luwu Utara, AKP A.M. Yusuf, S.H., mendukung penuh kegiatan ini dan berharap agar program PKS dapat berjalan dengan baik serta memberikan manfaat nyata bagi siswa dan seluruh warga sekolah.

“Dengan adanya PKS, diharapkan siswa dapat menjadi lebih disiplin dan tanggap terhadap situasi keamanan di lingkungan sekolah mereka,” ujar AKP A.M. Yusuf.

Kapolres Luwu Utara, AKBP Muh Husni Ramli, S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla, juga memberikan apresiasi atas inisiatif pembentukan PKS di SMPN 4 Masamba.

Menurutnya, langkah ini tidak hanya meningkatkan keamanan sekolah tetapi juga membangun karakter siswa agar lebih bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Kami mendukung penuh program ini dan berharap dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Luwu Utara,” kata AKBP Muh Husni Ramli.

Kegiatan koordinasi ini diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan antara pihak sekolah dan Unit Kamsel Sat Lantas Polres Luwu Utara mengenai pembentukan dan pelaksanaan PKS di SMPN 4 Masamba.

Kedua belah pihak berkomitmen untuk bekerja sama dalam menjalankan program ini demi terciptanya lingkungan sekolah yang aman dan tertib.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan