Air Keruh Tumpah ke Danau Matano Tepat di Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini Yang Dilakukan PT. Vale

Luwu Timur,batarapos.com – Beredar video tumpahan air keruh ke Danau Matano, kecamatan Nuha, kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, tepat di hari peringatan Lingkungan Hidup Sedunia, Senin 5 Mei 2023.

Menanggapi kejadian tersebut, PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) melakukan mitigasi atas insiden limpasan air yang membuat air danau Matano itu menjadi keruh.

Rupanya insiden tersebut terjadi karena adanya limpasan air permukaan yang berasal dari daerah Langolia melalui GFS, drainase masyarakat dan dibuang ke Tanjung Sorowako Lama (Danau Matano).

Kondisi ini terjadi setelah intensitas curah hujan yang tinggi selama dua hari berturut-turut di daerah tangkapan air di area Langolia (Sorowako).

“ Setelah dilakukan pengecekan di lapangan disimpulkan bahwa potensi sumber kekeruhan bukan berasal dari area pertambangan Konde sesuai dengan kunjungan gabungan dan sesuai dengan sampel kekeruhan di area kolam Langolia,” Jelas tim mitigasi PT. Vale.

Atas kondisi tersebut, PT. Vale dan pihak terkait akan melakukan investigasi lebih lanjut berdasarkan pelacakan aliran sungai.

Selain itu telah dilakukan pengambilan sampel air pada aliran limpasan air permukaan, serta melalukan pemeriksaan kondisi parit perimeter dan drainase Konde  untuk memastikan penyebab yang terjadi.

Tim batarapos.com

SebelumnyaPT Vale Gelar Sosialisasi Terhadap Wilayah Kawasan Hutan Pada Areal PPKH di Blok Pomala
SelanjutnyaBupati Bersama Forkopimda Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tanam 1000 Pohon