Bawaslu Luwu Timur Tingkatkan SDM Sekretariat di Bidang Hukum

40

Luwu Timur, batarapos.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Timur terus berupaya meningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia bagi jajaran sekretariat khususnya di bidang hukum salah satunya dengan menggelar pelatihan pembuatan Legal Opinion (LO) atau pendapat hukum yang dilaksanakan di Media Center Bawaslu Luwu Timur, Selasa (5/10/2021).

Ketua Bawaslu Luwu Timur (Rachman Atja) mengatakan ilmu ini sangat langka didapatkan olehnya itu dirinya berpesan agar seluruh staf mengikuti dengan baik pelatihan tersebut.

Ilmu ini merupakan ilmu aplikatif yang perlu dilakukan secara terus menerus untuk melatih keterampilan kita semua”, ujarnya.

Sementara itu, hadir sebagai Narasumber, Anggota Bawaslu Sulawesi Selatan Adnan Jamal.

Pada materinya Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sulawesi Selatan itu mengatakan Legal Opinion (LO) atau pendapat hukum sangat penting dalam membantu menyelesaikan permasalahan hukum, kompleksitas permasalahan diharapkan membuat pengawas pemilu semakin dinamis dalam menyelesaikannya, sehingga pelatihan LO ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dalam membuat analisa hukum yang lebih terarah dan sistematis.

Selain itu lanjut Adnan Jamal, Legal Opinion (LO) dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam menentukan arah kebijakan terhadap suatu permasalahan hukum yang sedang dihadapi untuk memperoleh suatu putusan/keputusan atau tindakan yang tepat atas persoalan hukum yang ada.

Kita bisa menceritakan suatu hal tapi belum tentu kita bisa menganalisis permasalahan, olehnya itu legal opinion (LO) sangat dibutuhkan dalam membantu menyelesaikan permasalahan hukum”, jelasnya.

Pelatihan pembuatan legal opinion ini dilaksanakan dengan tiga sesi. Pertama, peserta mendapatkan materi dasar-dasar pembuatan LO dan teknik pembuatan LO. Sesi kedua, praktek pembuatan LO dengan dibagi kedalam 4 kelompok dan sesi ketiga review dan evaluasi langsung oleh narasumber.

Tim batarapos.com

SebelumnyaTabrakan di Luwu Utara, Dua Orang Tewas Ditempat
SelanjutnyaPamdes Kasintuwu Salurkan BLT-DD Tahap Sembilan