Budiman Launching City Branding Luwu Timur Inspiring

69

Luwu Timur, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman dengan resmi melaunching City Branding Luwu Timur Inspiring yang ditandai dengan penekanan tombol. Luwu Timur Inspiring Berkelanjutan dan Lebih Maju merupakan ide dan gagasan besar dari Bupati Lutim bersama Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty.

Grand Launching Luwu Timur Inspiring tersebut berlangsung di Gedung Olah Raga Malili, Rabu (10/11/2021) malam, yang bertepatan dengan hari pahlawan. Acara tersebut turut dihadiri langsung Forkopimda Kabupaten Luwu Timur bersama istri, Management PT. Vale Indonesia, Vinicius Mendes Ferreira bersama jajaran, para Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim, para Camat, Macoa Bawalipu, Bau Muhammad Aras Abdi To Baji Pua Sinri dan Insan Pers. Selain itu, kegiatan ini juga disaksikan ribuan pasang mata melalui Live Streaming Youtube yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Luwu Timur.

Launching Inovasi Kabupaten Luwu Timur terdiri dari 1. Gerakan Luwu Timur Berbagi, Padu Padan RTH (Partisipasi Dunia Usaha Dalam Pembangunan dan Penataan Ruang Terbuka Hijau),  2. Program Inovasi OPD terdiri dari ; Aplikasi Kuliner Luwu Timur dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Aplikasi siap kerja dari Dinas Transnakerin, Aplikasi Pocadi (Pojok Baca Digital) dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Aplikasi E-Inspirated dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Aplikasi Balutta dari Dinas Dagkop dan UKM, Aplikasi Repeater 247 dari Satpol PP dan Damkar, Aplikasi Smart-3D dari Dinas Pendidikan, Aplikasi Simpeg dari BKPSDM, Sistem Informasi Geospasial Perikanan (SOGI) dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Aplikasi E-Kliping dari Dinas Kominfo.

Koordinator Pelaksana Kegiatan, Haeril Al Fajri dalam laporannya menyebut bahwa, anggaran dari kegiatan ini bersumber dari beberapa sponsorship dan donasi-donasi yang tidak melanggar peraturan-peraturan dan regulasi serta tidak mengikat dalam kepanitiaan.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Bupati dan Ketua PKK, Forkopimda Lutim dan kepada seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur yang telah memberikan support, dukungan dan motivasi kepada para panitia dalam rangka menyukseskan kegiatan ini,” tukas Haeril yang juga merupakan Direktur Utama MIND atau Macca Indonesia.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penampilan Sendratari Program Prioritas program 1 Miliar Satu Desa, Satu Kamar Satu Pasien, Beasiswa, dan termasuk pelibatan pihak swasta dalam pembangunan ruang terbuka hijau di Bumi Batara Guru oleh SMAN 12 Luwu Timur, SMKN 1 Luwu Timur, dan para pemuda Luwu Timur yang di Sutradarai oleh Musly Anwar.

Dalam acara ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada para Tokoh Inspiratif Kabupaten Luwu Timur di Bidang Pendidikan (Hamka), Bidang Pertanian (Sidik Purnomo), Bidang Sosial Budaya (Arsyad Duri), Bidang Ekonomi Kreatif (Kades Sorowako, Jihadin Paruge), Bidang Pelestarian Lingkungan (Madras), Bidang Pelestarian Hutan Adat (Usman Saibe), Bidang Kesehatan (Mimi Rosita). Penghargaan juga diberikan kepada Tokoh Pemuda Inspiratif 2021 di Bidang Seni dan Budaya (Musly Anwar) dan Bidang Literasi (Faisal Akbar).

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengatakan, Luwu Timur Inspiring ini merupakan kemasan dalam rangka bagaimana seluruh program bisa mengedukasi, bisa menjadi informasi dan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dan tentu bagi orang lain juga.

Beberapa program tadi telah disampaikan, kita berharap bahwa kedepan bukan hanya program itu saja yang menjadi inovasi seluruh OPD, dan saya akan menagih terus inovasi dari seluruh OPD. Tidak boleh ada OPD yang tidak memiliki 1 saja inovasi. Jadi jika setiap OPD mempunyai inovasi, maka akan ada 28 inovasi di Kabupaten Luwu Timur ini,” tutur Budiman.

Dirinya juga berharap agar malam ini kita mengawali seluruh kebaikan-kebaikan yang akan dijalankan kedepan. “Semoga apa yang kita lakukan malam ini bisa menginspirasi kita semua dan bisa menginspirasi masyarakat secara keseluruhan di Kabupaten Luwu Timur. Kepada seluruh masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini secara live streaming, kami mohon doa, bersama-sama DPRD, Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat secara bahu-membahu berkolaborasi dalam rangka menwujudkan visi Luwu Timur Bekelanjutan dan Lebih Maju berlandaskan Nilai Agama dan Budaya,” harap Bupati Budiman.

Masih Bupati melanjutkan, beberapa program yang sederhana yang pihaknya coba lakukan, seperti gerakan berbagi yang diawali oleh Sekretariat Daerah dan diikuti hampir seluruh OPD melaksanakan gerakan ini. Tentu ini akan menginspirasi semua, bagaimana kita punya kepedulian sosial akan jauh lebih baik lagi kedepan sehingga daerah ini akan menjadi daerah yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur. Kenapa ? karena kita peduli terhadap sesama sehingga Rahmat Allah akan turun ke Bumi Batara Guru ini, Wanua Mappatuo Na ewai Alena (negeri yang menghidupi, dan mampu memberdayakan dirinya sendiri).

“Kita berharap juga kepada seluruh dunia usaha seperti PT. Vale yang telah merancang dan mendesain Bundaran Batara Guru, Insya Allah desain sudah selesai dan akan menjadi ikon baru di Kabupaten Luwu Timur. Selain itu, Bank Sulselbar juga telah merenovasi lapangan merdeka. Ada 26  perusahaan  yang telah melakukan MoU dengan kami untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH),” ungkap Bupati.

Terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD yang menyetujui seluruh program yang kami lakukan. Bersama Forkopimda, Insya Allah kekompakan kita akan mewujudkan Luwu Timur ini akan jauh lebih baik lagi kedepan,” tandas Bupati Luwu Timur. (ikp/kominfo)a

SebelumnyaInce Baharuddin Punya Hak Atas Aset Yang Dikuasai Pemerintah Hingga Menggugat
SelanjutnyaSPBU Mangkutana Diduga Abaikan Surat Dinas Perdagangan Luwu Timur