Bupati Buka Bimtek Penyusunan APBDes dan Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Siskeudes

Makassar, batarapos.com – Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Halsen, dan Kepala Dinas PUPR, Syahmuddin, membuka Bimbingan Teknis Tata Cara Penyusunan APBDes dan Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Siskeudes Online serta Transparansi Informasi Publik Kabupaten Luwu Timur yang di selenggarakan di Hotel Imawan Makassar, Sabtu (13/05/2023).

Bimtek yang di selenggarakan mulai tanggal 13-16 Mei 2023, diikuti seluruh Sekretaris Desa Kabupaten Luwu Timur dengan Narasumber Direktur Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah Sulsel, Prof. H. Rasyid Thaha, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Budiman mengatakan, di Kabupaten Luwu Timur Aplikasi Siskeudes telah berjalan secara online sehingga bimbingan teknis ini sangat penting untuk diikuti oleh para Sekretaris Desa, karena di tuntut untuk dapat memahami dan mengoperasionalkan aplikasi siskeudes.

“Proses sistemkerja desa yang paling penting dalam siskeudes ini, maka dari itu diperlukan keseriusan peserta dalam pelatihan ini sebagai upaya melahirkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran,” ujarnya.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sekretaris Desa ini, kata Bupati, diselenggarakan dalam upaya mendorong kualitas tata kelola keuangan desa, aplikasi sistem keuangan desa yang secara online yang merupakan aplikasi transparansi keuangan desa yang dikembangkan oleh BOKP bersama kementerian dalam negeri.

“Saya mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan Siskeudes Online ini dan berharap semua aparat pemerintah desa telah menggunakan aplikasi siskeudes online, agar kinerja lebih efisien dan efektif,” tegas Budiman.

Menurut Bupati, Sekretaris Desa ini merupakan aparat yang paling tinggi dalam memimpin dan menjalankan tugas-tugas yang ada di desa. Karena itu Sekdes mempunyai kemampuan di atas rata-rata.

“Maka dengan ini, lewat Sekdes menjadi motor penggerak administrasi yang ada di desa, jangan jadi penghalang, kerjasamalah dengan Kepala Desa maupun Aparat Desa lainnya sehingga kolaborasi tetap terjalin dengan baik,” pesannya.

Sebelum menutup sambutanya, tidak lupa Budiman menyampaikan bahwa 2 Tahun dirinya menjadi Bupati banyak capaian dan prestasi yang di dapatkan diantaranya perkembangan APBD semakin meningkat.

“Di 2 tahun kemarin sebesar 1,4 triliun dan di tahun 2023 ini bisa mencapai 1,7 triliun lebih dan harapannya tahun depan bisa mencapai lebih yang kita harapkan sehingga banyak yang kita lakukan secara bersama-sama,” tutur Bupati.

Terakhir, Bupati Budiman berharap dan atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dari Pelatihan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa ini dapat memberikan Outcame yang dinginkan.

Sumber : Humas/Kominfo-sp

SebelumnyaSatukan Persepsi dan Tujuan, Kepala Bappelitbangda Gelar Rapat Konsolidasi Internal
SelanjutnyaWarga Temukan Jenazah Wanita Asal Toraja di Mess Kontraktor Morowali, Kepala Pecah !