25 Mei 2024, 9:19 am

Bupati Morut Pimpin Rakor Tupoksi Kades dan BPD

Liputan : Rudini

Morowali Utara, batarapos.com – Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi, pimpin Rapat Koordinasi dengan Para Camat, Kades, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Puskesmas (Kapus) dan Kepala Balai Penyuluh Petrtaniam (BPP) Se-Kabupaten Morowali Utara yang dilaksanakan di Ruang Pola, Selasa, (30/04/2024).

Rapat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) serta kewenangan Kades dan BPD dalam menjalankan pemerintahan di desa dan mensinkronkan roda kebijakan Pemerintah Daerah dalam perencanaan pembangunan di desa.

Rapat ini juga bertujuan untuk menyampaikan penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan, evaluasi capaian pemerintahan selama 3 tahun terakhir.

Bupati Delis yang membuka sekaligus menyampaikan Materi pada Rakor tersebut mengatakan bahwa pemaparan yang beliau sampaikan wajib menjadi arah dan tujuan dari para peserta Rakor.

” Kami ingin agar apa yang kami sampaikan ini dapat menjadi arah dan tujuan Bapak/Ibu semua dalam melaksanakan program kerja yang akan dilaksanakan,” ujar Bupati.

Bupati Delis menyampaikan materi yang meliputi program kerja dan capaian dari visi misi Morut SCS sendiri. Seperti Program Morut Sehat yang saat ini terus memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat, program Alisha (Analipu Sehat), dan Program Sabit (Satu Lahir Lima Terbit).

Terbaru, Bupati Delis memberikan pelayanan pengobatan gratis melalui Program Dokter Spesialis Lintas Desa (ProDELIS) untuk masyarakat yang berada di pelosok Desa.

Begitu pula dengan Program Morut Cerdas yang membebaskan pembayaran uang Komite Sekolah di tingkat SD dan SMP. Pemberian beasiswa bagi seluruh mahasiswa Morut yang menempuh pendidikan Perguruan Tinggi, dan memberikan beasiswa Kuliah Gratis di Luar Negeri untuk putra Daerah Morut yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri.

Selain itu, peningkatan sarana prasarana pendidikan, peningkatan jumlah tenaga pendidik, memberikan biaya kuliah untuk Guru yang belum berstatus Sarjana, dan pemberian fasilitas Laptop untuk para Pengawas Sekolah juga program Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Morowali Utara.

Sedangkan untuk Program Morut Sejahtera, Bupati Delis memberikan insentif dan kendaraan operasional untuk para tokoh agama. Pemberian bantuan 300 Juta untuk pelaku UMKM di setiap Desa.

Terbaru, Bupati Delis berencana akan memberikan anggaran 1 Milyar untuk setiap Desa agar dapat dikelola secara mandiri serta dapat digunakan untuk mempercepat pembangunan Desa.

Seluruh program yang telah berjalan dan yang sudah direncanakan ini tidak akan terealisasi dengan baik apabila tidak mendapatkan dukungan dan juga kerjasama yang baik dari seluruh pihak mulai dari Pemerintah Desa sampai dengan Pemerintah Kabupaten.

Untuk masalah Listrik yang saat ini masih sering dihadapi, Bupati Delis mengatakan bahwa dengan diperbaiki nya jaringan Listrik yang ada, diharapkan dapat menjadi solusi terbaik bagi masyarakat.

” Beberapa waktu yang lalu Tim PLN dari Jakarta telah turun. Ternyata persoalan listrik saat ini ada pada jaringan yang ada. Untuk Daya memang masih mencukupi kebutuhan yang ada,” jelas Bupati.

Bupati Delis berharap pihak PLN yang telah berencana utnuk membenahi jaringan listrik yang ada dapat terealisasi akhir tahun mendatang.

Diakhir penyampaian materi, Bupati Delis mengajak seluruh peserta Rakor untuk bekerja sama san bersinergi agar Seluruh Program yang telah berjalan dan yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan baik.

” Komitmen kami yakni untuk membangun Kabupaten ini. Oleh karena itu kami mohon komitmen dan kerjasama dari Bapak/Ibu semua untuk membangun Kabupaten Morowali Utara yang sama kita cintai ini,” pungkas Bupati.

BERITA TERKAIT

TRENDING

JARINGAN SOSIAL

3,001FansSuka
263PengikutMengikuti
53PengikutMengikuti
3,190PelangganBerlangganan